Perangkat Masukan ,Perangkat Pemroses,Perangkat Output

Perangkat Masuk


1.Keyboard


Fungsi: Tombol Keyboard Komputer. Keyboardkomputer merupakan salah satu peralatan atau perangkat keras komputer yang berguna sebagai input device, atau yang membantu usernya dalam memberikan dan juga memasukkan perintah agar dapat dijalankan dengan baik 
oleh seluruh sistem komputer.
Sejarah:Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”,keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat padakeyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.

2.Mouse
 Fungsi Mouse: adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer dan juga sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor. Mousedihubungkan ke komputer bisa melalui Wireles atau kabel.
Sejarah:Mouse pertama kali ditemukan pada tahun 1963, oleh seorang penemu Amerika dari Stanford Research Institute, bernama Dr. Douglas C. Engelbart. Mouse yang pertama merupakan sebuah perangkat yang sangat sederhana. Terbuat dari kayu, memiliki satu tombol kecil di sebelah kanan atasnya, kemudian memiliki dua roda besi kecil di dalamnya. Saat itu, alat ini diberinama resmi “X-Y position indicator for a display system” (Indikator posisi X-Y untuk sebuah system tampilan). Karena bentuknya yang memiliki kabel panjang, dan menyerupai seekor tikus, alat ini kemudian dipanggil “mouse” (Tikus). Kursor di layar pun sebenarnya mempunyai nama “bug” (serangga). Tapi nama ini tidak menjadi terlalu populer.
Pada awalnya, Douglas mencoba untuk menemukan Pointing Device (Alat penunjuk) yang lain, seperti alat yang digerakkan oleh dagu atau hidung. Akan tetapi, mouse-lah yang dianggap paling sederhana dan paling mudah untuk digunakan.Mengenai mouse ini, kemudian dikembangkan oleh perusahaan komputer Apple, Inc. (Pengembang system operasi Macintosh). Maka dari itu, Apple-lah yang akhirnya mendapatkan paten dari penggunaan mouse.

3.Scaner

Fungsi Scanner: adalah untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda atau dokumen dan menyimpannya menjadi file digital didalam komputer bisa dalam bentuk file gambar, foto atau dokumen yang biasanya dikoneksikan melalui port USB pada casing komputer.

Sejarah:Sejarah perkembangan scanner berawal pada tahun 1975, ketika Ray Kurzweil dan timnya menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Software ini berfungsi mengenali teks yang ada dalam objek yang discan dan menerjemahkannya menjadi data dalam bentuk teks. 


Dari awal perkembangan itulah teknologi scanner berawal dan akhirnya terus berkembang sampai saat ini dengan teknologi yang semakin lama semakin maju. Kini scanner sudah dapat digunakan untuk menscan objek tiga dimensi dan film negatif.


Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. 

Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.

4.Joystick


Fungsi Joystick: adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas atau tongkat sebagai Pelengkap untuk memainkan games yang dilengkapi dengan tombol dan dapat bergerak ke segala arah.

Sejarah:Joystick mulai dikenal pada abad 20an pada waktu itu di namakan joystick yang diartikan tongkat 
pengendali pesawat terbang.Kemudian joystick berkembang menjadi alat elektronik.

Alat dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap 
target kapal. Di sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk mengemudi proyektil ke arah 
target nya.Joystick ini mempunyai tombol on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan
isyarat yang dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio.

Pada tahun 1960 penggunaan joystick menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri 
pesawat udara modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964). Kraft kemudian menyalurkan 
ide joysticks kepada industri komputer dan para pemakai lain.

Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudian menciptakan
game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensiometer untuk 
mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick 
lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring 
perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer 
(hardwere).

5.Touch Pad
FungsiTouchpad: adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil.

Sejarah:Semula dari mouse yang hanya terbuat dari kayu dan hanya mempunyai satu tombol, kemudian mouse berkembang lagi yaitu dengan menentukan koordinat kursor menggunakan roda yang berada dibawah dengan cara berputar, putaran tersebut diteruskan pada rooling pada bagian dalam mouse dan diterjemahkan dalam sebuah koordinat. Karena pemakaian bola penggerak tidak efisien yaitu memerlukan alas yang rata dan keras, dengan timbulnya masalah tersebut digantilah bola penggerak dengan sensor inframerah yang jauh lebih tepat koordinatnya serta tidak memerlukan alas yang rata dan keras. Saat ini teknologi mouse yang paling canggih adalah penentuaan koordinat yang dulunya memakai infrared diganti dengan laser, dimana dengan ketelitian mencapai 4.800 titik per inci, nirkabel dengan memanfaatkan gelombang radio.

Touchpad merupakan daerah khusus pada bagian notebook atau netbook yang letaknya dibawah tombol keyboard. Bagian ini adalah permukaan yang dapat mendeteksi gerakan dan posisi jari yang menyentuhnya kemudian diproyeksikan pada layar monitor dengan perpindahan kursor dan posisi dari kursor tersebut. Selain terdapat pada notebook/netbook, touchpad juga bisa ditemukan pada PDA, Music Player Portabel.

Untuk ukuran touchpad yang beredar dalam pasaran berbeda-beda tapi secara umum ukuran touchpad tidak lebih dari 40cm2. Teknologi yang diterapkan didalam touchpad yaitu kapasitif sensor terhadap sentuhan jari, sehingga jika kita menggunakan selain jari dapat dipastikan kursor tidak bergerak sesuai dengan keinginan, misalnya menggunakan pensil, bolpoint, dan walaupun menggunakan sarung tangan. Serta yang perlu kita ketahui bahwa antara PSU (Power Supply Unit) dengan touchpad saling meng-sinkron-nisasi, ketika PSU diganti dengan PSU yang berbeda maka akan berimbas juga pada kinerja touchpad.

6.Trac bal

Fungsi:Jenis piranti ini perlu sering dibersihkan karena lebih mudah ditempeli kotoran dari jari tangan pengguna. Trackball adalah peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Bola jejak umumnya terdapat pada tetikus modern.

Sejarah:Trackball pertama kali diciptakan di dunia oleh 3 orang peneliti yaitu Tom Cranston, Fred Longstaff dan Kenyon Taylor yang bekerja pada sebuah proyek Angkatan Laut Kanada di tahun 1952. Pada saat itu trackball digunakan sebagai bagian dari sistem informasi medan perang terkomputerisasi yang disebut DATAR, yang digunakan militer Canada. Pada saat itu digunakan bola bowling 5-pin standard sebagai trackballnya, dimana lebih kecil dibandingkan bola bowling 10-pin yang lebih umum.Ini artinya trackball ditemukan lebih dulu daripada mouse yang diciptakan pada tahun 1965. Saat itu trackball memiliki keuntungan lebih baik daripada mouse karena kontak dengan tangan para pengguna yang umumnya lebih bersih dari pada meja atau mousepad dan bola padat trackball lebih mudah digulirkan dan tidak seseret roda atau bola pada mouse.Sekitar era tahun 1970-an akhir trackball telah muncul dalam permainan komputer dan video, dan game arcade.

7.Lighet pen
Fungsi Light Pen adalah untuk modifikasi atau design gambar dan juga memungkinkan Pengguna untuk menunjuk objek yang ditampilkan, atau menggambar pada layar. Light pen (pena cahaya) merupakan suatu peralatan input yang memiliki fungsi sama dengan mouse maupun keyboard.

Sejarah:Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Light pen pertama kali diciptakan sekitar tahun 1952 sebagai bagian dari proyek Whirlwind di MIT (Massachusetts Institute of Technology), di bawah kepemimpinan Jay Forrester. Selama tahun 1960-an light pen yang umum di terminal grafis seperti IBM 2.250 , dan juga tersedia untuk 3270 IBM terminal teks saja. light pen mulai gunakan selama awal 1980-an.
Dengan menggunakan lightpen, kita dapat langsung memasukan data, baik berupa angka maupun huruf ke dalam CPU melalui layar monitor. Walaupun menggunakan lightpen, tombol-tombol pada keyboard masih dibutuhkan juga antara lain untuk mensetting angka atau huruf menurut jenis huruf yang terdapat pada komputer dan waktu eksekusi.
Lightpen merupakan inovasi terbaru dari perangkat input karena alat ini digunakan seperti layaknya kita menulis pada sebuah kertas. Pada lightpen terdapat sebuah kabel yang menghubungkan antara lightpen dengan monitor, sehingga monitor yang digunakan bukanlah monitor yang biasa dipakai melainkan monitor khusus yang memiliki kabel penghubung dengan lightpen, misalnya Notebook Sharp menghubungkan lightpen dengan sebuah kabel halus ke komputer dan lightpen tersebut digunakan untuk menuliskan pada sebuah bidang daftar atau tidak dituliskan ke layar monitor. Pengunaan lightpen ini biasanya menggunakan program untuk rancang bangun, misalnya CAD (Computer Aided Design) atau CAM (Computer Aided Manufacturing).

8.Camera Digital

Fungsi:Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari objek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa pada sensor CCD dan akhir-akhir ini pada sensor BSI-CMOS (Back Side Illuminated) sensor yang lebih irit daya untuk kamera yang lebih canggih yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan.

Sejarah:Kamera digital adalah teknologi yang terkait langsung dan berkembang dari teknologi yang sama seperti ketika berfungsi untuk merekam gambar pada televisi. Pada tahun 1951, untuk pertama kalinya video tape recorder (VTR) mengambil gambar dari kamera televisi, kemudian mengkonversi informasi tersebut menjadi suatu impuls listrik (digital) dan menyimpan informasi tersebut ke dalam tape magnetis.

9.handy cam

Fungsi:Sebenernya hampir sama Bro...yaitu perangkat untuk merekan gambar baik foto (still picture) ataupun video... 

Pada awalnya memang di-spesific-kan bahwa: 
* camera = mengambil foto 
* handycam = merekan video 
Tapi pada perkembangannya sekarang keduanya sama2 mempunyai feature diatas...camera digital bisa diguanakan untuk mem-foto ataupun merekam video, sedangkan hanydcam selain bisa untuk merekan video juga bisa untuk memotret juga.

Sejarah:Semua bermula dari inovasi tanpa henti Sony. Syarikat asal Minato Jepun itu, sebelum ini telah banyak memperkenalkan teknologi yang berkaitan dengan perakaman gambar video dan kemudahan penyimpanan dokumen yang disediakan. Inovasi yang dilakukan oleh Sony menjadikannya standard antarabangsa, di antaranya format umatic, betamax, betacam, cakera padat, Video8, dan terakhir yang menjadi standard pita filem-files filem antarabangsa adalah format Blu-ray Disc yang kita kenali pada saat ini sebagai format HD atau High definisi.
Dalam sejarah perkenalannya. Handycam / Video8 mempunyai keunggulan besar pada pertandingan kamera video komersial di masanya, yakni kemungkinan mengatasi ukuran pita yang pada masa itu terlalu besar. Berkat faktor bentuk compact yang ditawarkan, maka Video8 camcorder cukup kecil sehingga membolehkan tergenggam dalam telapak tangan penggunanya.
Tentu saja prestasi seperti itu tidak mungkin diatasi oleh format handycam yang telah ada, walaupun lebih popular dan banyak digunakan, seperti sistem Betamax ataupun VHS camcorder. Format lama yang hanya boleh dikendalikan secara baik dengan menggunakan tripod, kerana saiz kamera yang besar. Atau sekurang-kurangnya  jurukamera mempunyai bahu yang kuat, dan rela memikul kamera tersebut.
Handycam / Video 8 pada saat itu juga mempunyai kelebihan dalam masa rakaman, walaupun telah muncul generasi pesaing VHS-C yang ditawarkan, yang sama-sama kamera lengan (satu saiz sebagaiman Video8). Kaset VHS-C hanya mampu menayangkan filem 40 minit lamanya pada mesin pemain. Dengan demikian, kapasiti 120 minit pada Video8 dipandang lebih baik untuk sebahagian besar pengguna.

10.Wabcam
Fungsi:Sebuah webcam yang sederhana terdiri dari: sebuah lensa standar, dipasang di sebuah papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar, casing (cover), termasuk casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki sebuah lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar, kabel support yang dibuat dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan dengan papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang kamera web. Sebuah webcam biasanya dilengkapi dengan software, software ini mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Ada beberapa metode penyiaran, metode yang paling umum adalah hardware mengubah gambar ke dalam bentuk file JPG dan menguploadnya ke web server menggunakan File Transfer Protocol (FTP).

Sejarah:

WebCam adalah sebuah periferal berupa kamera sebagai pengambil citra/gambardan mikropon ( optional ) sebagai pengambil suara/audio yang dikendalikan olehsebuah komputer atau oleh jaringan komputer. Gambar yang diambil oleh WebCamditampilkan ke layar monitor, karena dikendalikan oleh komputer maka adainterface atau port yang digunakan untuk menghubungkan WebCam dengankomputer atau jaringan.
  Istilah "webcam" mengarah pada jenis kamera yang digunakan untuk kebutuhanlayanan berbasis web
   Webcam pertama kali digunakan pada tahun 1991, sabuah webcam di arah kepada toko kopiBilik Trojan di jabatan sains komputer University Cambridge. Kamera itu akhirnya dipadamkanpada 22 Agustus 2001.

  Pada awalnya, bentuk web camera terbatas pada bentuk-bentuk standar yang hanya terdiri darilensa dan papan sirkuit serta casing yang biasa. Namun seiring dengan perkembangan teknologi,bentuk web camera pun sudah makin bervariasi dengan fitur-fitur yang makin canggih.

  Teknologi web camera pada awalnya mendapat dukungan komersial dari industri pornografi.Industri ini membutuhkan gambar-gambar ‘live’ dan meminta pembuatan software yang mampumelakukannya tanpa web browser plugins. Hal ini melahirkan teknologi live streaming webcam yang masih tetap ada hingga sekarang.
11.Microphone and headphone
Fungsi:Earphone atau penyuara kuping adalah alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi gelombang suara. Dipakai dengan cara memasangnya disumpalkan ke dalam telinga.

Sejarah:Alat dengar telinga untuk telepon sebenarnya sudah ada sejak abad ke-20. Di tahun 1986, terdapat teknologi pengurangan gangguan suara dengan mengembangkan headset untuk melindungi pendengaran pilot dari kebisingan. Ketika itu, juga terkenal produksi ear canal earphones dengan active noise control untuk pertama kali. Setelah itu, hanya alat sensitive earphone tersebut satu-satunya cara untuk mendengar sinyal audio sebelum amplifier dikembangkan.

Pada Perang Dunia I, angkatan bersenjata Amerika mengetahui penemuan Baldwin dan memproduksi 100 headset untuk pilot mereka yang akan digunakan untuk keperluan perang. Oleh karena itu penggunaan awal dan pasar untuk headset terutama untuk tujuan penerbangan.

Semenjak itulah masyarakat mulai sadar dengan teknologi ini, bahkan pada 1961 headset dipakai dalam kokpit pesawat terbang. Para pilot menyukainya karena headset ini ringan dan nyaman dipakai. Headset pertama kali digunakan untuk pesawat telepon pada tahun 1970. Pada awal 2000, bersamaan dengan berkembangnya telepon selular, headset jenis nirkabel berbasis teknologi Bluetooth mulai populer dipakai.


Perangkat Output


1.Monitor


Fungsi Monitor adalah untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis ( VGA Card ). Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan televisi , hanya saja televisi biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.


Sejarah:Awal dari sejarah monitor komputer adalah dimulai dengan adanya VDT (The Video Display Terminal) yang berupa layar yang tergabung dengan keyboard dan dihubungkan ke komputer. Tahap perkembangan monitor komputer Fase Pertama terjadi pada tahun 1855 ditandai dengan penemuan tabung sinar katoda oleh ilmuwan dari Jerman yang bernama Heinrich Geibler (bapak dari monitor tabung). Teknologi tabung sejak awalnya memang dikembangkan untuk merealisasikan monitor. Namun, Kristal cairan masih menjadi fenomena kimiawi selama 80 tahun berikutnya. Saat itu, tampilan atau frame rate pun belum terpikirkan. Lalu 33 tahun kemudian, ahli kimia asal Austria, Friedrich Reinitzer, meletakkan dasar pengembangan teknologi LCD dengan menemukan kristal cairan. Waktu itulah yang merupakan Fase Kedua dari tahap pengembangan monitor komputer. Selama ini, banyak yang menganggap bahwa Karl Ferdinand Braun sebagai penemu tabung sinar katoda. Sebenarnya, ia merupakan pembuat aplikasi pertama untuk tabung, yaitu osiloskop pada tahun 1897. Perangkat inilah yang menjadi basis pengembangan perangkat lain, seperti televisi. Pada tahun yang sama, Joseph John Thomson menemukan elektron, yang mempercepat pengembangan teknik tabung.

2.Printer

Fungsi:Pada awalnya printer hanyalah satu buah perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen yang menampilkan data berupa teks, gambar, serta grafik dalam lembaran kertas.


Sejarah:Teknik cetak mencetak sudah dilaksanakan secara sederhana di Cina pada abad ke-14. Inovasi orang-orang Cina telah berhasil menciptakan tinta dan block printing yang berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Tetapi perkembangan teknik cetak di Cina tidak sehebat dengan perkembangan yang terjadi di Eropa. Hal ini terjadi disebabkan alfabet Cina memiliki ribuan ideogram spesifik, yang sangat sukar jika diterapkan di mesin tik. Akibatnya, hampir tidak ada perubahan yang berarti dalam hal efisiensi produksi di Cina sebagaimana yang terjadi di Eropa.

Di awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di Eropa yang menimbulkan kebutuhan akan proses produksi dokumen tulisan yang cepat dan murah. Adalah Johannes Guternberg, seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, yang berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak yang telah mengubah tehnik mencetak secara revolusioner. Percetakan sendiri mungkin merupakan penemuan yang paling penting pada millennium lalu, walaupun dampak yang ditimbulkannya pada perekonomian global tidak terlalu besar. Penemuan mesin cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yang diproduksi secara massal. 

Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg (sekitar 1398 - 3 Februari 1468) adalah seorang pandai logam dan pencipta berkebangsaan Jerman yang memperoleh ketenaran berkat sumbangannya di bidang teknologi percetakan pada tahun 1450-an, termasuk aloy logam huruf (type metal) dan tinta berbasis-minyak, cetakan untuk mencetak huruf secara tepat, dan sejenis mesin cetak baru yang berdasarkan pencetak yang digunakan dalam membuat anggur.

3.Plotter

Fungsi Plotter adalah untuk mencetak gambar yang berukuran besar dan luas seperti ukuran gambar arsitektur engginering. Kertas yang dipergunakan juga lebih besar dari kertas biasanya yang ada pada printer.

Sejarah:
Sejumlah bahasa kontrol printer diciptakan untuk beroperasi komplotan pena, dan mengirimkan perintah seperti “angkat pena dari kertas”, “tempat pena di atas kertas”, atau “menarik garis dari sini ke sini”. Dua bahasa plotter umum ASCII berbasis kontrol Hewlett-Packard HPGL2 atau Houston Instrumen DMPL, dengan perintah seperti “PA 3000,2000; PD”.
Pemrogram menggunakan FORTRAN atau BASIC umumnya program tersebut tidak secara langsung, tetapi digunakan paket perangkat lunak, seperti perpustakaan Calcomp, atau independen perangkat grafis paket, seperti perpustakaan AGL Hewlett-Packard atau ekstensi BASIC atau paket high end seperti DISSPLA. Ini akan menetapkan faktor skala dari koordinat dunia ke koordinat perangkat, dan menerjemahkan ke perangkat perintah tingkat rendah. Misalnya, untuk merencanakan X * X di HP 9830 BASIC, program ini akan komplotan pena awal, misalnya, Calcomp 565 tahun 1959, bekerja dengan menempatkan kertas di atas rol kertas yang bergerak bolak-balik untuk gerakan X, sedangkan pena bergerak bolak-balik di jalur untuk gerakan Y. Kertas itu diberikan dalam bentuk roll dan telah perforasi sepanjang kedua tepi yang dilibatkan oleh sprockets pada rol.
Plotter juga digunakan dalam Buat-A-Kartu kios yang tersedia untuk sementara di daerah kartu ucapan supermarket yang menggunakan HP 7475 enam-pena plotter.
Plotter digunakan terutama dalam gambar teknik dan aplikasi CAD, di mana mereka memiliki keuntungan dari bekerja pada ukuran kertas yang sangat besar sementara menjaga resolusi tinggi. Penggunaan lainnya telah ditemukan dengan mengganti pena dengan pemotong, dan dalam bentuk ini komplotan dapat ditemukan di toko-toko garmen banyak dan tanda.

4.Speaker


Fungsi:Dalam konteks komputerisasi, speaker memilikifungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri.


Sejarah:Pada tahun 1898, Horace Short mengumumkan sebuah design speaker yang menggunakan kompresor udara yang kemudian menjualnya pada Charles Parsons. Kemudian mendapatkan beberapa tambahan hak paten di Inggris sebelum 1910. Pada tahun 1924 Dr. Walter H. Schottky menemukan pita loudspeaker pertama. Untuk pertama kalinya speaker menggunakan electromagnet sehingga suara yang dihasilkan sangat keras. Namun pada waktu itu speaker yang menggunakan magnet jarang sekali digunakan ini dikarenakan harganya yang mahal. Lilitan dari sebuah electromagnet disebut bidang lilitan atau dasar lilitan yang disambungan melalui kedua pasang energized ke driver. Belokan ini biasa disediakan pada sebuah dual role dan juga berperan sebagai filter listrik dari amplifier loudspeaker yang terhubung dengan listrik. Reaksi AC telah dilemahkan oleh lilitan penghambat listrik. Tetapi frekuensi AC cenderung memodulasi sinyal audio yang dikirim ke lilitan suara sehingga terdengar dengungan yang berkekuatan besar dari sebuah audio device. Sudah jelas fungsi dari speaker yakni untuk memproduksi gelombang suara, namun setiap jenis dan merk speaker khususnya untuk car audio mulai dari tweeter, midrange, midbass hingga subwoofer, masing-masing mempunyai fungsi dan tugas yang berbeda dalam hal memproduksi suara.

5.Proyektor


Fungsi proyektor adalah untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti infocus atau dinding.

Sejarah:LCD proyektor ditemukan di New York oleh Gene Dolgoff. Dia mulai bekerja di dalam kampus pada tahun 1968 dan bertujuan untuk memproduksi sebuah video proyektor yang dalam idenya akan membuat sebuah LCD yang lebih cerah dibandingkan dengan 3-CRT proyektor. Ide tersebut untuk menggunakan elemen yang disebut sebagai “cahaya katup” untuk mengatur jumlah cahaya yang melewati itu. Hal ini akan memungkinkan penggunaan yang sangat ampuh untuk sumber cahaya eksternal. Setelah mencoba berbagai bahan, dia menduduki kristal cair untuk mengatur terang pada tahun 1971. Ia membawanya sampai 1984 untuk mendapatkan addressable layar kristal cair (LCD), yang dibangun adalah ketika ia pertama di dunia LCD proyektor. Setelah pemeriksaannya itu, dia melihat banyak masalah yang harus dikoreksi termasuk kerugian besar. Dia kemudian menggunakan metode baru untuk menciptakan efisiensi yang tinggi untuk menghilangkan tampilan pada piksel. Ia mulai bekerja di Projectavision Inc pada tahun 1988, pertama kali dunia LCD proyektor didirikan.

Pada tahun 1989, dia bergabung sebagai anggota Nasional Asosiasi Produsen fotografi (NAPM) Standar Sub-komite, IT7-3, dia bersama dengan Leon Shapiro, co-Ansi di seluruh dunia mengembangkan standar pengukuran dari kecerahan, kontras samapai resolusi proyektor elektronik. Awalnya LCD yang digunakan dengan sistem ada pada overhead proyektor. Tapi, LCD sistem tidak memiliki sumber cahaya sendiri. Dengan susah payah dan beribu kegagalantanpa patah semangat akhirnya mereka bisa sukses dan populer sampai sekarang ini. Mereka memulainya dengan teknologi yang digunakan dalam beberapa ukuran dari belakang proyeksi konsol televisi, LCD ini menggunakan sistem proyeksi di televisi set besar adalah untuk memungkinkan kualitas gambar yang lebih baik sebagai sanggahan satu televisi 60 inci, walaupun saat ini sebagai saingan utama dari proyektor LCD adalah LG 100 inch LCD TV. Pada tahun 2004 dan 2005, LCD proyeksi telah kembali datang denga fitur yang lebih lengkap karena penambahan yang dinamis warna yang dianggap kontras yang telah meningkat hingga tingkat DLP.

Perangkat pemroses

1.Cpu

Fungsi CPU (Central Processing Unit) adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah dan melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras sehingga membuat komputer dapat dioperasikan.


Sejarah:CPU (Central Processing Unit) adalah bagian utama komputer yang berupa perangkat keras  dan merupakan “otaknya “ komputer .Fungsi CPU yang terdapat pada semua jenis computer adalah untuk memproses data-data yang dimasukan lewat papan ketik dan ditampilkan lewat layar monitor.

Perkembangan CPU dibagi beberapa Periode :

1.      Generasi Pertama

ENIAC(Electrical Numeric Intregrator  and Computer) yang diproduksi oleh IBM  pada tahun 1945 Adalah salah satu “moyang” computer yang ukuranya super-besar.Bayangkan saja,dengan perangkat yang terdiri dari 18.000 tabung kedap udara, dibutuhkan ruangan seluas 18×8 meter persegi untuk pengoperasianya!hampir separuh luas lapangan sepak bola.

Perkembangan CPU generasi pertama berlanjut dengan lahirnya EDVAC(Electronic Discrete Variable Automatic Computer) adalah computer ukuran besar pertama yang digunakan untuk keperluan bisnis pada tahun 1951-an.

2.      Generasi Kedua

Ditemukannya transistor pada tahun 1956 menjadi awal dari revolusi computer.Transistor menggantikan tube vakum pada televise,radio,dan computer sehingga ukurannya menjadi jauh lebih kecil daripada sebelumnya.Transistor juga membuat kebutuhan listrik menjadi lebih rendah.

Pada periode ini mulai dikenal bahasa pemrograman.Dengan bahasa pemrograman,computer mulai mudah dimengerti banyak orang karena istilah yang digunakan untuk memasukan data bukan lagi angka – angka biner melainkan sudah berupa teks.

Pada masa ini,computer semakin banyak dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis karena benda ini telah mampu menjalankan fungsi – fungsi transaksi bisnis.

3.      Generasi Ketiga

Ditemukan IC (Integrated Circuit) oleh Jack Kilby pada tahun 1960-an menjadi tonggak penanda revolusi computer,khususnya perangkat CPU.IC menutup kelemahan yang ditimbulkan oleh pemakaian transistor pada CPU yang menjadikan perangkat computer cepat panas.

Walaupun dalam banyak hal,transistor mengungguli tube vakum,namun pemakaian transistor menghasilkan panas cukup besar yang berpotensi merusak bagian – bagian dalam computer.

Batu kuarsa berhasil mengatasi masalah ini. IC memadukan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.lalu para ilmuwan berhasil memadatkan banyak komponen CPU ke dalam satu chip tunggal yang disebut semikonduktor.

Ditemukannya system operasi sebagai bagian dari perangkat lunak juga menjadi penanda penting generasi ini.

4.      Generasi Keempat

Pembuat Chip Intel 4004 pada 1971 oleh intel membawa kemajuan cukup signifikan bagi perkembangan CPU.Saat itulah penggabungan berbagai komponen yang sebelumnya terpisah pada perangkat CPU menjadi kenyataan.Komponen – komponen seperti memori,bus,dan prosesor dapat disatukan hanya dalam satu perangkat chip yang kecil.

Komputer tidak lagi sebesar lapangan sepakbola atau seukuran gedung dan kamar.komputer berubah menjadi jauh lebih mini.makapada awal 1970-an, mulailah computer diproduksi untuk semua kalangan,tidak hanya sebatas pada pelaku bisnis besar.

Jika sebelumnya CPU dalam sebuah computer terpisah dari layar monitor,penemuan laptop pada awal 1990-an mengubah paradigm bahwa computer harus berada pada satu tempat tertentu.Apa lagi waktu itu kebutuhan manusia akan perangkat computer yang mudah dibawa ke mana-mana mulai meningkat.maka penemuan laptop menjadi kabar yang sangat menggembirakan.Saat itulah CPU mulai terintegrasi dengan layar monitor.

Era globalisasi ditandai dengan revolusi onternet pada awal 1990.Paradigma manusia terhadap benda computer semakin fleksibel lagi.berkat teknologi internet yang memudahkan berbagai akses informasi,manusia semakin ingin berkeliling dunia.

Trend yang berkembang selanjutnya yaitu menyatunya perangkat CPU dengan monitor,yang dikenal dengan nama tablet PC.contohnya adalah Ipad.

2.Control unit


Fungsi CPU (Central Processing Unit) adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah dan melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras sehingga membuat komputer dapat dioperasikan.


Sejarah:Control Unit - CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut.
Pada awal-awal desain komputer, CU diimplementasikan sebagai ad-hoc logic yang susah untuk didesain. Sekarang, CU diimplementasikan sebagai sebuah microprogram yang disimpan di dalam tempat penyimpanan kontrol (control store). Beberapa word dari microprogram dipilih oleh microsequencer dan bit yang datang dari word-word tersebut akan secara langsung mengontrol bagian-bagian berbeda dari perangkat tersebut, termasuk di antaranya adalah register, ALU, register instruksi, bus dan peralatan input/output di luar chip. Pada komputer modern, setiap subsistem ini telah memiliki kontrolernya masing-masing, dengan CU sebagai pemantaunya (supervisor).

3. Motherboard
Fungsi:Pengertian Motherboard adalah bagian perangkat keras komputer yang berupa papan. ... Fungsi Motherboard ialah sebagai pusat semua perangkat keras komputer agar semua perangkat keras komputer bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan komponen yang lain.


Sejarah:
Motherboard pertama kali dibuat pada tahun 1977, oleh Apple untuk Apple II-nya. Sebagai informasi, dulu komponen-komponen komputer seperti seperti CPU dan memori ditempatkan di satu kartu tersendiri, dan dihubungkan dengan kabel-kabel. Tampilannya sangat ruwet.
Karena sangat repot menghubungkan satu komponen PC dengan komponen lainnya, para pengembang produk komputer punya ide untuk membuat satu tempat khusus untuk menampung berbagai periferal komputer. Terciptalah suatu papan lebar yang berisis beragam slot sebagai tempat menyolokkan komponen-komponen PC. Papan itu dinamai motherboard.
Pada pengembang awal dari motherboard adalah perusahaan Micronics, Mylex, AMI, Huppauge, Orchid Technology, Elitegroup, dan DFI. Selain itu, masih ada beberapa produsen moherboard lain dari Taiwan.
Antara tahun 1980 sampai 1990, penggabungan beberapa fungsi periferal ke dalammoterboard mendorong pencitraan motherboard ke dalam bentuk yang makin ekonomis. Integrasi pertama yang dilakukan adalah dengan menggabungkan slot keybor, mouse, dan floopy drive, serta port serial dan port paralel ke dalam motherboard.
Jika Anda perhatikan, hingga saat ini standar bentuk dari motherboard pun masih berubah-ubah. Standar awal yang pertama kali digunakan digunakan adalah PC/XT, dan dipakai IBM. Setelah itu, muncul lagi AT (Advance Technology). Setelah AT, muncul standar baru yang hingga kini masih digunakan, yaitu ATX (Advance Technology Extension). Standar ATX lalu dimodifikasi menjadi Mini ATX dan Micro ATX.
Saat ini, Intel juga mengeluarkan standar BTX (Balanced Technology Extension). Sayangnya, pasar belum tertarik untuk menggunakannya. Produsen komputer VIA juga mengeluarkan standar yang dipakainya sendiri, yaitu mini ITX.
Perubahan dalam desain dan teknologi motherboard terus berkembang. Di awal tahun 200-an, pengintegrasian diperluas. Motherboard kini dilengkapi fitur sound dan VGA yang langsung menempel di badannya, istilah lainnya onboard. Fitur lainnya yang kini bisa didapat dari beberapa motherboard berupa konektivitas USB, FireWire, dan LAN.
4.Prosesor
Fungsi:Umumnya pengertian processor ataupun sering disebut otak komputer, secara jelasnya prosesoradalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.


Sejarah:
PC didesain berdasar generasi-generasi CPU yang berbeda. Intel bukan satu-satunya perusahaan yang membuat CPU, meskipun yang menjadi pelopor diantara yang lain. Pada tiap generasi yang mendominasi adalah chip-chip Intel, tetapi pada generasi kelima terdapat beberapa pilihan selain chip Intel.

Processor merupakan bagian sangat penting dari sebuah komputer, yang berfungsi sebagai otak dari komputer. Tanpa processor komputer hanyalah sebuah mesin dungu yang tak bisa apa-apa. Processor yang kita pakai saat ini sudah sangat cepat sekali. Tentu saja untuk mencapai kecepatan sampai saat ini processor tersebut mengalami perkembangan. Nah berikut perkembangan processor mulai dari generasi 4004 microprocessor yang di pakai pada mesin penghitung Busicom sampai dengan intel Quad-core Xeon.

Perkembangan processor diawali oleh processor intel pada saat itu hanya satu² nya microprocessor yang ada. Tetapi pada saat ini sudah banyak beredar processor dari produsen yang lain, sehingga user sudah bisa mendapatkan processor yang beragam.

5.Hardisk
Fungsi Hardisk adalah untuk menyimpan data secara permanen ke dalam sector – sector yang terdapat pada disk yang telah tersedia di dalam nya untuk di read atau write, lain hal nya dengan ram yang fungsinya hanya untuk menyipan data secara sementara.

Sejarah:

Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi.
Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh. Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa. Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi.
6.Card Reader

Fungsi Card Reader adalah Memory card reader adalah perangkat yang memegang Memory card yang menyimpan gambar dan / atau fileMemory card reader kemudian dihubungkan ke port USB di mana ia akan mentransfer data ke komputer. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyalin informasi dan file dari memory card Anda ke hard drive komputer Anda. Metode ini umumnya digunakan untuk mentransfer gambar digital dan data lain, seperti file musik atau film, dari kamera dan ponsel.


Sejarah:

  1. 1. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 1 KATA PENGANTAR Puji Syukur ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karuniaNyalah, makalah ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Adapun tujuan penulisan makalah ini ialah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer, pada semester 2 di tahun ajaran 2013, dengan judul Memori External. Dengan membuat tugas ini penulis diharapkan mampu untuk lebih mengetahui pengertian Memori External lebih dalam. Dan penulis sadar, sebagai seorang mahasiswa yang masih dalam proses pembelajaran, penulisan karya ilmiah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat positif, guna penulisan makalah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Hormat Kami, Tim Penyusun
  2. 2. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 2 DAFTAR ISI SAMPUL ......................................................................................................... - KATA PENGANTAR .................................................................................... 1 DAFTAR ISI ................................................................................................... 2 A. Sejarah Memory ........................................................................................ 4 B. Pengertian Memory Eksternal ................................................................... 11 C. Faktor dibutuhkannya Memory Eksternal ................................................. 11 D. Kategori Memory Eksternal ...................................................................... 11 I. Magnetic Disk ............................................................................... 12 1. Pengertian Magnetik Disk ....................................................... 12 2. Organisasi data dan performa Magentik Disk ........................ 12 3. Karakteristik Magnetik Disk ................................................... 13 4. Waktu Akses Disk ................................................................... 15 5. Contoh-Contoh Magentic Disk ............................................... 16 a. Floppy Disk ....................................................................... 16 b. Hard Disk Drive ................................................................ 19 c. Micro SD ........................................................................... 26 d. Flash Disk ......................................................................... 29 e. Smart Card ........................................................................ 31 II. Optical Disk .................................................................................. 33 1. Sejarah CD ............................................................................... 33 2. Prinsip Kerja CD ..................................................................... 33 3. Contoh-Contoh Optical Storage .............................................. 34 a. CD-ROM ........................................................................... 34 b. CD-RW .............................................................................. 39 c. DVD .................................................................................. 39 d. DVD-RW .......................................................................... 40 e. Cakram Blu-Ray ................................................................ 41
  3. 3. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 3 KESIMPULAN ............................................................................................... 43 PENUTUP ....................................................................................................... 44 DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................... 45
  4. 4. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 4 I. Sejarah Memori Pada awal 1940-an, teknologi memori sebagian besar memiliki kapasitas hanya beberapa byte. Komputer pertama ENIAC, menggunakan ribuan oktal-dasar tabung vakum radio, bisa melakukan perhitungan sederhana yang melibatkan 20 nomor dari sepuluh angka desimal yang diadakan di akumulator tabung vakum. Kemajuan signifikan berikutnya dalam memori komputer datang dengan akustik memori delay line, yang dikembangkan oleh J. Presper Eckert pada awal 1940-an. Melalui pembangunan sebuah tabung gelas yang diisi dengan merkuri dan dipasang di setiap ujung dengan kristal kuarsa, garis delay bisa menyimpan bit informasi dalam kuarsa dan mentransfer melalui gelombang suara merambat melalui merkuri. Delay line memory akan terbatas pada kapasitas hingga beberapa ratus ribu bit untuk tetap efisien. Upaya dimulai pada akhir 1940-an untuk menemukan memori non-volatile. Jay Forrester, Jan A. Rajchman dan An Wang mengembangkan memori inti magnetik, yang memungkinkan untuk mengingat memori setelah kehilangan kekuasaan. Memori inti magnetik akan menjadi bentuk dominan memori sampai pengembangan memori transistor berbasis pada akhir tahun 1960.
  5. 5. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 5 1. Selection Tube Gambar. Selection Tube (Memori eksternal yang dipakai pada ENIAC) Selection Tube memiliki kapasitas 256-4096 bit (32 sampai 512 byte). Selection tube memiliki ukuran dengan panjang 10 inci dan lebar 3 inci. 2. Punch Card Pada awal penggunaan komputer sering digunakan kartu punch yang berfungsi untul menginputkan program dan data. Punch card digunakan sampai pertengahan 1970-an. Perlu dicatat bahwa penggunaan kartu punch mendahului telkah komputer. Mereka digunakan pada awal 1725 dalam industri tekstil (untuk mengendalikan alat tenun tekstil mekanik). Gambar. Card Form Fortan Program
  6. 6. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 6 Gambar.Punch Card Reader dan Punch Card Writer 3. Punched Tape Sama seperti dengan punch card, ppuch tape awalnya dirintis oleh industri tekstil yang digunakan sebagai alat tenun mekanik. Untuk komputer, punch tape dapat digunakan sebagai penginput data, tetapi juga sebagai media untuk data output. Setiap baris pada pita mewakili satu karakter. Gambar. Puch tape
  7. 7. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 7 4. Magnetic drum memory Diciptakan kembali pada tahun 1932 (di Austria), yang secara luas digunakan pada 1950-an dan 60-an sebagai memori utama komputer. Pada pertengahan 1950-an, memori magnetik drum memiliki kapasitas sekitar 10 kB. Gambar Magnetic Drum 5. Hard Disk Drive Hard disk drive pertma adalah IBM Model 350 Disk file yang datang dengan 305 komputer IBM RAMAC pada tahun 1956. Hard Disk Drive ini berisi 50 cakram dengan masing-masing cakram berukuran 24 inci dengan kapasitas penyimpanan total 5 juta karakter (sekitar 5 MB). Gambar. Hardisk Drive Pertama
  8. 8. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 8 Harddisk pertama yang memiliki kapasitas lebih dari 1 GB adalah IBM model 3380 pada tahun 1980 (bisa menyimpan data hingga 2.52 GB). Dengan besar sebesar ukuan kulkas, dengan berat berkisar 550 pons (250 kg), dan harga hardisk tersebut berkisar antara $ 81.000 sampai $ 142.400. Gambar. Hardisk Drive Pertama IBM dengan kapasitas memory gigabyte 6. The Laserdisc Ini adalah pendahulu untuk CD-ROM dan solusi penyimpanan optik lainnya. CD- ROM pada umumnya digunakan untuk penyimpanan film. Sistem laser disc yang pertama tersedia secara komersial di akhir tahun 1978 (kemudian disebut Laser videodisc dan DiscoVision) dan dengan ukuran diameter 11,81 inci (30 cm). Cakram bisa memiliki hingga 60 menit audio / video di setiap sisi. Gambar. CD-ROM pertama
  9. 9. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 9 7. The floppy disc Disket atau Floppy Disk ditemukan oleh IBM pada pertengahan tahun 1970an sampai akhir tahun 1990-an. Floppy disk pertama berukuran 8 Inchi kemudian 5,25 Inchi dan seterusnya hingga berukuran 3,5 Inchi. Floppy Disk pertama diperkenalkan pada tahun 1971 dengan capasitas 79,7 Kb dengan format yang hanya dapat di baca saja sedangkan untuk format baca dan tulis diperkenalkan pada tahun kedepannya. Gambar. Floopy disk pertama yang berukuran 8” dan berukuran 3,5” yang dipasarkan 8. Magnetic tape Magnetic Tape pertama kali digunakan sebagai media penyimpanan pada tahun 1951. Pada awalnya Magnetic Tape diberi nama UNISERVO dan merupakan peralatan Input dan Output pada computer UNIVAC I. Keefektifan pentransferan data pada UNISERVO mencapai 7200 karakter per detik. Magnetic trape terbuat dari bahan metal dan memilik panjang 1200 feet (365 m).
  10. 10. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 10 Gambar Magnetic Tape pada komputer UNIVAC I
  11. 11. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 11 II. Pengertian Memory Eksternal Memory Eksternal adalah suatu memori yang terletak di luar memori utama ataupun CPU dan merupakan memori yang bersifat nonvolatile dimana data yang disimpan tipak akan hialng ketika sitem mati atau dikenal juga dengan nama secondary memoy yang berfungsi sebagai media storage dari program dan data untuk jangka waktu yang panjang. III. Faktor-Faktor dibutuhkannya memory eksternal Dibutuhkannya media penyimpanan data untuk jangka waktu yang panjang Kebuthan akan memori utama saja tidak mencukupi yang membuat dibuthkan memori tambahan untuk menyimpan data yang lebih besar dan fleksibel. Semakin besarnbya peralatan penyimpanan maka dengan sendirinya mempengaruhi waktu pemprosesan. IV. Kategori Memori Eksternal a. Magnetic Disk b. Optical
  12. 12. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 12 I. Magnetic Disk A. Pengertian Magnetic Disk Disk merupakan sebuah piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik yang dilapisi dengan bahan yang dapat dimagnetisasi. Data direkam di atasnya dan dapat dibaca dari disk dengan menggunakan kumparan pengkonduksi (conducting coil) yang dinamakan head Pada operasi penulisan, arus listrik pada head memagnetisasi disk. Pada operasi pembacaan, medan magnet pada disk yang bergerak di bawah head menghasilkan arus listrik pada head. Selama operasi pembacaan dan penulisan, head bersifat stasioner sedangkan piringan bergerak-gerak di bawahnya. B. Organisasi data dan performatan : Organisasi data pada piringan berbentuk sejumlah cincin-cincin yang konsentris yang disebut track. Masing-masing track lebarnya sama dengan lebar head. Track yang berdekatan dipisahkan oleh gap Gap bertujuan untuk mencegah/mengurangi error akibat melesetnya head atau interferensi medan magnet. Kerapatan (density), dalam bit per inci linear, pada track sebelah dalam lebih tinggi (lebih rapat) dibanding track sebelah luarnya. Data disimpan pada daerah berukuran blok yang dikenal sebagai sector. Biasanya terdapat antara 10 hingga 100 sector per track. Sector-sector yang berdekatan dipisahkan oleh gap-gap intra-track atau inter-record.
  13. 13. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 13 Layout data disk meliputi: a. Track b. Inter-track Gaps c. Kerapatan (density) d. Sector Gbr. Sebuah Disk C. Karakteristik : Ada beberapa karakteristik magnetic disk antara lain sebagai berikut : 1. Gerakan head Fixed head disk : terdapat sebuah head baca/tulis per track jadi ada beberapa head baca/tulis per surface. Semua head ditempatkan pada lengan memanjang ke seluruh track. Movable head disk : hanya terdapat sebuah head baca/tulis per surface. Lengan dimana head ditempatkan dapat memanjang dan memendek untuk menuju ke salah satu track.
  14. 14. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 14 Gbr. Gerakan Head 2. Portabilitas disk Disk berada pada sebuah disk drive yang terdiri dari lengan, tangkai yang dapat menggerakkan disk, dan perangkat elektronik untuk keperluan input dan output data biner. Non-removable disk : secara permanen berada pada disk drive. Removable disk : dapat dilepas dan diganti dengan disk lain. Keuntungan disk yang dapat dipindah atau diganti-ganti adalah tidak terbatas dengan kapasitas disk dan lebih fleksibel 3. Permukaan yang dimagnetisasi Double-sided : kedua sisi permukaannya dimagnetisasi Single-sided : hanya satu permukaan yang dimagnetisasi (disk bermuka tunggal) 4. Banyaknya piringan pada disk drive Single platter Multiple platter
  15. 15. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 15 Gbr. Multiple Platter D. Waktu Akses Disk Ketika disk drive beroperasi, disk berputar dengan kecepatan tetap. Untuk dapat membaca dan menulis, head harus berada pada awal sector dari track yang diinginkan. Pemilihan track meliputi perpindahan head pada sistem movable head atau mekanisme elektronis pada head untuk sistem fixed head. Waktu yang diperlukan untuk menempatkan head pada track yang diinginkan dikenal sebagai seek time. Sekali track sudah dipilih, sistem akan menunggu sampai sector yang bersangkutan berputar agar sesuai dengan head. Waktu yang diperlukan oleh sector untuk mencapai head disebut rotational latency
  16. 16. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 16 Access time, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk berada pada posisi siap membaca atau menulis. Jumlah antara seek time dan rotational latency sama dengan Access time. E. Contoh-Contoh Magnetic Disk : 1. Floopy Disk A. Sejarah Awal sejarah floppy disk pada tahun 1967, pada saat IBM (International Bussiness Machines) menugaskan devisi media penyimpanannya untuk menciptakan sebuah system yang sederhana untuk meloading microcode kedalam mainframe 370. Pada tahun 1971, Di bawah pimpinan Alan shugart dan para teknisi di IBM berhasil mengembangkan floppy disk yang pertama. Pada saat pertama ditemukan namanya bukan floppy disk, melainkan memory disk. Floppy disk diambil dari kata “floppy” yang berarti fleksibel, muncul karena memory disk tersebut yang sangat fleksibel. Tetapi sayangnya floppy disk masih memiliki beberapa kegunaan yang terbatas, terutama dengan warisan peralatan komputer industri, mereka telah digantikan oleh metode penyimpanan data dengan kapasitas jauh lebih besar, seperti USB flash drive, portable hard disk drive eksternal, cakram optik, kartu memori dan komputer jaringan. B. Pengertian Floppy disk adalah sebuah media penyimpanan disk yang terdiri dari disk media penyimpanan magnetik tipis dan fleksibel, disegel dalam suatu pembawa plastik persegi panjang dilapisi dengan kain yang menghilangkan partikel debu. Mereka dibaca dan ditulis oleh disk drive floppy (FDD). Cakram liuk "dibaca" dan "ditulis" menggunakan kandar cakram liuk (floppy disk drive, FDD). Kapasitas cakram liuk yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada cakram liuk), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.
  17. 17. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 17 Gbr. Floppy Disk (Disket) C. Perkembangan Floppy disk banyak macam produknya, tetapi semua memiliki kemampuan dan harga yang relatif sama. Umumnya floppy disk ini sebagai alat komunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya, dimana dengan cepat kita mendapatkan dokumen dari satu komputer ke komputer lain. Inipun terbatas pada data 1,4 MB, dan jangan lupa floppy ini sering menjadi penyebab terinfeksinya komputer kita karena virus yang dibawanya dari komputer lain tersebut. Untuk itu proteksi pada komputer sangat penting, agar dapat menolak masuknya virus tersebut. Pada saat ini banyak program anti virus yang dapat dipergunakan, meskipun tidak semua anti virus tersebut berfungsi dengan sempurna, tetapi sebagai langkah prefentif perlu dilakukan. Masing-masing anti virus memiliki kekurangan dan kelebihan. Oleh karena peranan yang diembannya cukup penting, maka kesehatan floppy perlu diperhatikan dan dijaga sebaik mungkin. Cara yang efektif dalam menjaga agar floppy bekerja baik adalah secara rutin dipakai membaca dan menulis serta membersihkan dengan menggunakan disk cleaner yang ada. Sering dijumpai pada saat kita hendak menulis ke dalam floppy, tiba-tiba tidak dapat dilakukan, sehingga diduga floppy yang rusak, padahal belum tentu. Namun bila pada saat membaca atau menulis data
  18. 18. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 18 ada suara yang keras atau berisik dari floppy disk tersebut, berarti floppy tersebut memang rusak. Sebenarnya banyak kerusakan floppy disebabkan dari disket itu sendiri yang mungkin dalam kondisi berjamur atau berdebu sehingga debu tersebut menempel pada headnya dan floppy tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik. Tahun 1969 merupakan awal dari Floppy Disk. Pada awal kemunculannya Floppy Disk berukuran 8 inchi dan hanya dapat menyimpan data sebesar 79,7 kb. Saat itu floppy disk hanya dapat membaca ( read only ) sehingga ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi atau dihapus. Tahun 1976, hadir Floppy Disk berukuran 5¼ inchi. Dapat menyimpan data sebesar 110 kB. Pada perkembangannya terdapat Floppy disk 5¼ inchi yang dapat menyimpan data sebesar 360 kb. Pada Floppy Disk 5¼ inchi telah dapat memodifikasi data dan menghapus data. Pada tahun 1982 Floppy Disk ukurannya 3½ inchi. Pada awal kemunculannya hanya dapat menyimpan data 264 kb. Pada perkembangan selanjutnya terdapat Floopy Disk 3½ inchi yang berukuran 200 MB. Pada tahun 1990 an keberadaan Floppy Disk berukuran 5¼ inchi mulai lenyap dan Floppy Disk ukuran 3½ inchi menjadi dominan.
  19. 19. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 19 D. Jenis-Jenis Floppy Disk Tabel Jenis-Jenis Floppy Disk JENIS UKURAN KAPASITAS KAPASITAS RANGE PEMBUAT 3,5 inci 1,44 MB 400kb-1,44MB SONY 3,5 inci 2,88 MB 400kb-2,88MB IBM 5,2 inci 1,2 MB 200kb-1,22MB SUGHART 8 inci 500 kb 100kb-500kb IBM 2. Hard Disk A. Sejarah Hard Disk Drive pertama kali dibuat dan diproduksi oleh perusahaan IBM pada tahun 1956 yang kemudian disebut sebagai HDD Generasi pertama. HDD pertama ini ditemukan dan diciptakan oleh Reynold Johnson. HDD ini berlabel RAMAC 305 yang mempunyai kapasitas 5 Mega Bits atau 5.000.000 bits dan berukuran 24 inch dan menggunakkan single head dalam pengaksessaanya. Pada tahun 1961 IBM menciptakan HDD dengan menggunakkan head yang terpisah dalam setiap komponen datanya. Yang disebut juga Disk Storage Unit Control System Meganical International System. Dan HDD pertama yang dapat removable ( dapat dicopot atau dipasang lagi ) adalah IBM 1311, yang menggunakan IBM 1316 untuk menyimpan 2 juta karakter. Di tahun 1973, IBM mengenalkan IBM 3340, yang merupakkan HDD pertama yang menggunakan sistem disk “ Whincester “, yang pertama menggunakan sealed head/disk assembly ( HDA ). Teknologi ini didesign oleh Kenneth Haughton. Sebelum tahun 1980-an, kebanyakkan HDD berurukuran 8 INCH atau 14 INCH, sehingga membutuhkan banyak tempat untuk menyimpan HDD tersebut. Sampai pada tahun 1980, ketika Seagate teknologi mengenalakan ST-506 yang merupakan HDD pertama yang berukuran 5,25 inch dengan kapasitas 5 megabites.
  20. 20. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 20 Dan sekarang ini bahkan, HDD sudah mencapai capasita Terrabites dalam ukuran 3,5 inch, untuk itu dibawah ini saya menyediakan timeline yang saya dapat dari suatu web tentang perkembangan HDD sampai saat ini. B. Perkembangan Hard Disk Drive 1. Hard disk pertama yang lahir ke dunia ini adalah Hard disk yang ditawarkan oleh IBM pada tahun 1956, memiliki berat 500Kg dan hanya menawarkan kapasitas sebesar 5MB. Media penyimpanan seperti ini membutuhkan sebuah kompressor udara bertekanan dan masih jauh untuk penggunaan dirumah. Hard disk ini biasanya di sewakan kepada perusahaan”, untuk jangka waktu tertentu. dengan biaya penyewaan $5000 US dollar/bulan. Gbr. IBM 350 (5MB, 24 Inchi, access time 600ms, 1200rpm, 500KG, 10W) 2. Open Hard Disk atau juga yang dikenal dengan nama IBM 1311 diperkenalkan pada tanggal 11 oktober 1962, Harddisk ini dapat menyimpan 2 juta karakter pada disk pack yang diganti. Ketebalan HD mencapai 4 Inchi, berat 4,5Kg, dan memiliki 6 disk yang berukuran 14 inchi dan 10 permukaan yang dapat ditulis.
  21. 21. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 21 3. Winchester ’73, IBM memulai program Winchester dengan piringan berputaryang terpasang permanen, Mekanisme loading menjadi masalahnya, demikian juga kedekatan nama HD tersebut dengan nama sebuah senjata (Winchester), sehingga sempat diperdebatkan. 4. Winchester 8 inci, pada tahun 1979, diperkenalkan Harddisk Winchester pertama untuk industri, harddisk ini masih sangat berat dan mahal, sekitar 1000 euro/Mb.
  22. 22. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 22 5. Pada tahun 1980 Seagate meluncurkan Harddisk 5,25 inci pertama kepasaran yang bernama ST506,(6mb, 3600rpm, harga :1000 US dollar) 6. Pada tahun 1989 Western Digital membuat standar IDE (Integrated Drive Electronics) untuk semua ukuran Harddisk 7. Perkembangan Harddisk yang sangat pesat dimulai pada tahun 1997 dengan adanya Giant Magnet Resistance (GMR) yang ditemukan oleh Peter Gurnberg, dengan DTTA-351680, IBM dapat mengatasi batasan kapasitas 10GB. 8. Pada tahun 2001 perusahaan Maxtor mengeluarkan harddisk Maxtor VL40 32049h2, dengan kapasitas 20 GB (masih sangat besar kala itu) 9. Pada tahun 2004, Seagate meluncurkan Hard disk SATA pertama dengan Native Command queing. kapasitas HD ini sudah mencapai 120GB.
  23. 23. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 23 10. Pada tahun 2005 Samsung memperkenalkan sebuah hybrid hard disk 2.5 inci, HD ini menggunakan komponen mekanis magnetis dan NAND flash memory yang berfungsi sebagai buffer yang cepat. 11. Pada tahun 2006 Seagate meluncurkan Penperdicular Recording, Momentus 5400.3 sebuah HD 2.5 inci, berkapasitas 160 GB yang menggunakan teknik vertical recording 12. Pada tahun 2007 Hitachi meluncurkan DeskStar 7K1000 HD Terabyte pertama ke pasaran, dengan kapasitas 1000GB, atau 1 TeraByte.
  24. 24. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 24 13. Pada Tahun 2010 Solid State Drive, tidak berisik, hemat daya, cepat dan sangat handal, inilah kriteria HD masa depan, SSD dengan kapasitas paling besar saat ini berukuran 256GB, kekurangannya terletak pada masalah harga, Flash Memory masih sangat mahal, Para Ahli memprediksi bahwa masih dibutuhkan sekitar 5 tahun sampai SSD dapat menyamai kapasitas HD konvensional dengan harga yang sama. C. PENGERTIAN Hard Disk Drive (HDD) atau Hard Disk (HD) yang berarti Cakram Keras adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. D. KARAKTERISTIK 1. Kapasitas Kapasitas merupakan kemampuan harddisk untuk menyimpan data. satuan dari kapasitas ini adalah byte. sekarang ini, rata-rata harddisk baru memiliki kapasitas sebesar 40 Giga byte. Untuk mengetahui maksud dari kapasitas lebih lanjut, perhatikan pengertian byte sebagai berikut : Bit = nilai 0 atau 1 pada sistem digital. 1 byte = 8 bit atau anggap saja sama dengan satu huruf/karakter. 1 kilo byte = 1024 byte 1 Mega byte = 1024 kilo byte 1 Giga byte = 1034 mega byte dan seterusnya. 2. Kecepatan Putar Kecepatan putar yang dimaksud adalah berapakah kecepatan berputarnya piringan harddisk per menit. satuan kecepatan putar ini adalah rpm (rotation per minutes). setiap harddisk memiliki kecepatan
  25. 25. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 25 putar yang bervariasi. rata-rata harddisk sekarang putaannya adalah 7200 sampai dengan 10.000 rpm. 3. Ukuran Fisik Harddisk yang banyak beredar sekarang, rata-rata memiliki ukuran 3,5 inchi. setelah pada teknologi harddisk lama berukuran 5+ inchi punah dan berganti dengan ukuran 3+ inchi, sekarang mulai dikembangkan harddisk berukuran 2+ inchi dan bahkan 1+ inchi. pada perkembangan kedepan ukuran fisik harddisk diprediksikan akan semakin mengecil. 4. Transfer Rate Transfer rate atau kecepatan transfer, merupakan salah satu bagian terpenting dalam mengukur performa harddisk. kecepatan transfer ini menyatakan seberapa cepat data dapat dipindahkan dari dan ke piringan (platter) untuk melakukan proses menulis atau membaca data. kecepatan ini biasanya dicatat sebagai kecepatan minimum dan maksimum, meski banyak produsen harddisk yang hanya melaporkan kecepatan maksimumnya. satuan dari kecepatan transfer ini adalah MBps (Mega Byte per second). ada dua jenis kecepatan transfer dalam suatu harddisk yang terkadang sering rancu untuk menyebut salah satu diantaranya yaitu : kecepatan transfer interface : kecepatan interface mengirim dan menerima data dari dan ke harddisk. kecepatan transfer media rata-rata : kecepatan transfer baca tulis pada platter harddisk.
  26. 26. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 26 5. Waktu Akses Rata-Rata waktu akses rata-rata atau yang dikenal dengan average seek time adalah waktu rata-rata yang diperlukan untuk menggerakkan head dari satu cylinder ke cylinder lain dalam jarak yang acak. cara untuk mengukur hal ini adalah dengan menjalankan operasi pencarian track secara acak, kemudian membagi jumlah waktunya dengan jumlah operasi pencarian yang dilakukan. 3. Kartu Memori A. Sejarah Pada tahun 1999 terdapat tiga perusahaan besar yang sepakat untuk mengembangkan pasar MicroSD (Secure Digital) Memory Card yang merupakan kelanjutan dari MMC (MultiMediaCard). Ketiga perusahaan itu yaitu, SanDisk, Matsushita, dan Toshiba. Profil fisiknya berdimensi 24 x 32 x 2.1 mm3 dan mempunyai kepadatan memori yang tinggi. Format baru ini dirancang untuk bersaing dengan Sony Memory Stick yang dirilis setahun sebelumnya. Lalu setahun kemudian, 2000, ketiga perusahaan itu mengumumkan penciptaan SDCard Association untuk mempromosikan microSD. Kantor yang bermarkas di California dan anggota eksekutif yang mencapai 30 perusahaan teknologi canggih terkemuka di dunia ini memproduksi sampel SD Card pertama kali pada kuartal pertama tahun 2000 dengan jumlah produksi 32 dan 64 megabyte tiga bulan kemudian. Lalu pada bulan Maret 2003, SanDisk Corporation mengumumkan pengenalan MicroSD yang dipamerkan pada CeBIT tahun 2003. MicroSD diadopsi pada tahun 2003 oleh SD Association sebagai bentuk baru untuk standar SD Card. Sedangkan kartu baru yang dirancang khusus untuk ponsel dikemas dengan adaptor microSD yang memungkinkan kompatibilitas dengan semua perangkat berstandar SDCard slot. Pada April 2006, SD Association
  27. 27. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 27 merilis spesifikasi rinci untuk keamanan non-bagian terkait dengan standar SD Memory Card. Selain itu dirilis pula spesifikasi untuk SDIO (Secure Data Input Output) dan kartu pengontrol host standar SD. Pada tahun yang sama, spesifikasi MicroSD (yang sebelumnya dikenal dengan TransFlash) dan SDHC diselesaikan meskipun kapasitasnya masih kecil yaitu 2GB. Di bulan September, 2006, Sandisk mengumumkan miniSDHC berkapasitas 4GB. Kartu ini memiliki bentuk yang sama dengan microSD yang lebih tua. MiniSDHC bisa digunakan pada perangkat yang mendukungnya dimana microSD pun dapat digunakan. Tetapi jika suatu perangkat hanya mendukung port untuk microSD saja maka miniSDHC tidak bisa digunakan didalamnya. Dan baru pada tahun 2009, SD Association mengumumkan keluarnya SDXC yang mendukung tersedianya memori hingga 2TB dan kecepatan mencapai 30MBps. Format microSD dibuat SanDisk karena menganggap bahwa kartu memori yang awalya disebut T-Flash pada zaman itu terlalu besar untuk ponsel sehingga tidak efektif dan selanjutnya berubah nama menjadi TransFlash. Setelah mendapat tekanan dari Toshiba dan Panasonic, mitra SanDisk pada kelompok lisensi 3C dari SDA, TranshFlash dinegosiasikan untuk diformat menjadi bentuk baru yang standar. Format microSD diumumkan di CTIA Wireless tahun 2005 sedangkan persetujuan dari spesifikasi MicroSD sendiri baru diumumkan tanggal 13 Juli 2005. Saat pertama kali diluncurkan, format microSD berkapasitas 32, 64, dan 128 MB. MicroSD dan TransFlash masing masing dapat digunakan pada perangkat yang dibuat untuk yang lain.
  28. 28. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 28 B. Pengertian MicroSD adalah kartu memori non-volatile yang dikembangkan oleh SD Card Association yang digunakan dalam perangkat portable. Saat ini, teknologi microSD sudah digunakan oleh lebih dari 400 merek produk serta dianggap sebagai standar industri de-facto. Gbr. Kartu Memori C. Proses Pembacaan Pada proses pembacaan kartu memori dibutuhkan suatu alat yang disebut Pembaca Kartu Memori atau Memory Card Reader. Memory Card reader adalah alat untuk membaca kartu memori yang biasanya dihubungkan ke komputer dengan kabel USB. Pada awalnya pembaca kartu memori dirancang hanya untuk membaca suatu jenis kartu memori saja, misalnya hanya kartu CF saja atau kartu SD saja. Kini banyak didapati memory card reader yang dapat membaca berbagai jenis kartu memori, alat ini sering disebut dengan Multicard reader.
  29. 29. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 29 4. Flash Disk A. Sejarah Fujio Masuoka lahir pada tanggal 8 Mei 1943, di Kota Takasaki, Gunma, Jepang, dia adalah penemu dari flashdisk memory. Ketika ia berusia 10 tahun, ibunya mendorong dia untuk belajar matematika dan menyewa seorang guru pribadi. Pada saat ia berusia 12 tahun, Masuoka berhasil menguasai matematika. Di sekolah tinggi, Masuoka terkonsentrasi pada teori, percaya bahwa kemajuan teknologi atau elektronik dicapai hanya melalui kerja teoritis. Sebagai hasil dari studinya, Masuoka juga mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang ekonomi dan hukum. Beliau meraih gelar Bachelor of Science, Master of Science dan PhD di bidang teknik listrik dari Tohoku University masing-masing di tahun 1966, 1968 dan 1971. Segera setelah lulus, Masuoka bergabung Toshiba Research and Development Center pada bulan April 1971. Gbr. Penemu Falsh Disk Berjalan Tiga bulan di pekerjaan barunya, bos Masuoka, Dr Yoshiyuki Takeishi, menunjukkan sebuah Memori Ultraviolet Erasable Masuoka Intel elektrik Programmable (UV EEPROM), yang diumumkan beberapa bulan sebelumnya. Masuoka kemudian mempelajari teknologi Intel dalam dua bulan dan menemukan sebuah struktur baru, sebuah memori jenis
  30. 30. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 30 MOS read-only memori yang dikenal dengan nama Samos yang menjadi paten pertama Masuoka di tahun 1972. Antara 1972 dan 1984, Masuoka membuat terobosan memori lain yang signifikan, pasangan sel memori dinamis dengan struktur poli-silikon ganda. Pada tahun 1977, ia pindah ke divisi semikonduktor Toshiba, di mana ia mengembangkan sebuah memori 1 Mbit DRAM. Masuoka kemudian dialihkan ke divisi produk rekayasa memori Toshiba pada tahun 1980 untuk memulai karyanya pada pengembangan memori flash. Ia kemudian bergeser ke divisi desain memori rekayasa Toshiba pada tahun 1984, di mana ia menyempurnakan dan dipatenkan memori flash NOR. Dia mempresentasikan temuannya pada Pertemuan International Electron Device (IEDM) di San Francisco. Setahun kemudian, ia berkembang ke flash memory 256 Kbit. Pada bulan April 1987, Masuoka kembali ke Toshiba Research and Development Center, di mana ia mulai berhasil mengembangkan lebih maju NAND-type flash memory cikal bakal flash disk. Meskipun terobosannya, flash belum siap untuk komersialisasi. Untuk membuat dan memproduksi pra-fabrikasi komersial chip memori flash 4 Mbit, Masuoka yang dibutuhkan untuk mengembangkan teknologi tinggi yang
  31. 31. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 31 B. Pengertian USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk penggerak kilat USB ada dari 64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori kilat yang digunakan. Penggerak kilat USB memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket. Namun Penggerak kilat USB juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada Penggerak kilat USB rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan cakram keras yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar. 5. Kartu Pintar (Smart Card) A. Sejarah Kartu pintar ditemukan dan dipatenkan pada 1970-an. Ada beberapa perselisihan tentang siapa "penemu" asli kartu ini termasuk Jürgen Dethloff dari Jerman, Arimura dari Jepang, dan Roland Moreno dari Perancis. Penggunaan massal pertama kali dari kartu ini adalah untuk pembayaran telepon di Perancis pada 1983.
  32. 32. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 32 B. Pengertian Kartu pintar (smart card) adalah sebuah kartu yang telah dipendam sirkuit terpadu. Meskipun banyak kegunaannnya, namun ada dua pembagian dasar dari kartu ini, yaitu kartu memori dan kartu dengan mikroprosesor. Gbr. Smart Card
  33. 33. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 33 II. Optical Storage 1. Sejarah CD Pada tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itulah teknologi penyimpanan pada optical disc berkembang. James T. Russell adalah orang yang pertama kali menemukan CD. CD adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang merupakan media penyimpanan data digital. Berbagai file gambar, music, dan video dalam berbagai format dan file ekstension dapat disimpan di dalamnya. CD berbentuk cakram tipis dan pada bagian CD tampak lintasan berbentuk spiral yang disebut spiral track yang digunakan untuk menyimpan informasi. Ukuran data yang dapat disimpan oleh CD saat ini bisa mencapai 700 MB atau 700 juta bit. Gambar 1. Keping CD 2. Prinsip Kerja : Memanfaatkan suatu sinar laser berkekuatan tinggi untuk menuliskan data pada disk atau tape, dengan membakar lobang-lobang microscopic , yang dinamai pits pada permukaannya. Data kemudian dibaca dengan suatu sinar laser berkekuatan rendah. Ada 3 (tiga) tipe dari optical storage (McDonell, 1995 : 8) yaitu
  34. 34. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 34 Prerecorded : sering juga disebut dengan nama CD-ROM (Compact Disk- Read Only Memory), Writetable : sering disebut dengan nama WORM (Write Once Read Many). Rewriteable : sering disebut dengan magneto optical (MO) atau erasable 3. Contoh-Contoh Optical Storage : 1. CD-ROM A. Pengertian CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory) adalah disk yang tidak dapat dihapus yang digunakan untuk menyimpan data komputer. Ukuran standar disk CD-ROM adalah 12 cm yang dapat menampung data yang berupa teks, grafik, dan lain sebagaiannya hingga 770 Mbyte. Gbr. Konstrksi CD
  35. 35. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 35 B. Karakteristik CD dibuat dari plastik polikarbonat setebal 1,2 mm dengan berat 15-20 gram. Pembagian komponen CD dari bagian tengah CD sampai luar adalah : Pusat/ poros CD, daerah transisi pertama (cincin penjepit), daerah kelm (cincin stacking), Daerah transisi kedua, daerah informasi dan RIM. Untuk ukuran CD berdiameter 120 mm dapat memuat audio selama 80 menit atau data sebesar 700 MB, sedangkan mini cd yang memiliki diameter mulai dari 60 mm sampai dengan 80 mm dapat memuat audio selama 24 menit atau data sebesar 185-210 MB Gambar. CD secara mikroskopis Gambar. Kapasitas CD Lapisan tipis alumunium atau lapisan tipis emas digunakan ke permukaan untuk menimbulkan refleksi, lapisan ini dilindungi oleh sebuah film pernis yang diputar langsung ke atas lapisan reflektif. Label Cd dicetak diatas lapisan pernis, metode yang digunakan untuk mencetak
  36. 36. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 36 label adalah metode percetakan umum atau cetak offset. Lapisan tipis aluminium atau, lebih jarang, emas diterapkan ke permukaan sehingga reflektif. Logam ini dilindungi oleh sebuah film Data di dalam Cd disimpan dalam rangkaian lekukan kecil yang disebut pits, pengkodeaan berlangsung di dalam lintasan sprial ke luar di lapisan polikarbonat. daerah antara pits dikenal sebagai lands. Setiap pits memiliki kedalaman sebesar 100 nm dan luas sekitar 500 nm dan bervariasi dari 850 nm sampai 3,5 µm untuk panjangnya. Jarak antara track, antara pits, adalah 1,6 µm. C. Proses Pembuatan Biasanya piringan CD berwarna perak. Proses pembuatannya adalah dengan cara menaruh selembar lapisan plastik yang telah disinari oleh sinar laser. Sinar laser itu akan membentuk semacam pit (lubang) berukuran mikro, yang sangat kecil sekali. Lubang-lubang itu akan membentuk deretan kode yang isinya berupa data. Sekali tercipta lubang, maka tidak bisa ditutup lagi. Lalu lapisan plastik itu akan dibungkus lagi oleh plastik cair yang berguna sebagai pelindung dan pemantul. Semua itu prosesnya dilakukan secara bertahap dalam suatu mesin cetakan. Alat cetakan CD bentuknya mirip cetakan kue martabak manis dan analogi pembuatannya juga mirip seperti itu.
  37. 37. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 37 Gbr. Proses pembuatan Cd
  38. 38. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 38 D. Proses Pembacaan Agar bisa membaca, CD disinari dengan sinar yang koheren misalnya sinar laser. Pada skala mikroskopis di dalam CD akan tampak pola naik dan turun. Daerah naik ini disebut pit dan daerah turun disbut land. Pit dilapisi oleh plastic yang dapat memantulkan cahaya laser yang diterima. Ketika media player membaca CD, akan tampak pemantulan sinar laser oleh pit dan land. Selanjutnya pantulan pit dan land ini diterima oleh detector. Pantulan cahaya ini naik-turun, fluktuasi ini dideteksi sebagai angka biner, pit dideteksi sebagai angka 1 dan land dideteksi sebagai angka nol. Agar sinar laser dapat dideteksi detector, CD dan DVD ditentuksn ketebalannya oleh interferensi destruktif. Sinar laser yang melewati pit sebagian diteruskan menuju land, kedua sinar yang bergabung dari lintasan berbeda ini menjadi interferensi destruktif dengan ketebalannya merupakan fungsi stengah panjang gelombang. GBr. Pembacaan Cd
  39. 39. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 39 2. CD-RW A. Pengeriatan CD-RW (Compact Disc Re-writable) adalah CD-ROM yang dapat ditulisi kembali. CD-RW menggunakan media berukuran sama dengan CD-R. tetapi bukan menggunakan bahan pewarna cyanine atau pthalocyanine, CD-RW menggunakan logam perpaduan antara perak, indium, antimon, dan telurrium untuk lapisan perekaman. B. Proses Pembuatan Kandar CD-RW menggunakan laser dengan tiga daya yang berbeda. Pada daya yang tinggi, laser melelehkan logam paduan, yang mengubahnya dari kondisi kristalin reflektivitas tinggi menjadi kondisi amorf refletivitas agar menyerupai sebuah pit. Pada daya sedang, logam paduan meleleh dan berubah kembali dalam kondisi kristalin alamiahnya untuk menjadi land lagi. Pada daya rendah, keadaan/kondisi material ditelaah (untuk pembacaan), tetapi tidak ada transisi fase yang terjadi. 3. DVD DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. "DVD" pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc (cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah "DVD" saja, dan huruf-huruf tersebut secara "resmi" bukan singkatan dari apapun.
  40. 40. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 40 4. DVD-RW DVD-RW (Digital Versatile Disc Rewritable) adalah cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki kapasitas sama dengan DVD-R, biasanya 4,7 GB. Format ini dikembangkan oleh Pioneer pada November 1999 dan telah disetujui oleh DVD Forum. Tidak seperti DVD-RAM, DVD-RW dapat dimainkan di sekitar 75% DVD player biasa. Keuntungan utama DVD-RW dibandingkan DVD-R adalah kemampuan menghapus dan menulis kembali sebuah cakram DVD-RW. Menurut Pioneer, cakram DVD-RW dapat ditulis sekitar 1000 kali, sebanding dengan standar CD-RW. Cakram DVD-RW biasanya digunakan untuk tujuan backup, kumpulan berkas, atau home DVD video recorder. Keuntungan lain adalah bila ada kesalahan menulis, cakram masih dapat digunakan dengan cara menghapus data yang salah tersebut. Gbr. DVD
  41. 41. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 41 5. CAKRAM BLU-RAY Cakram Blu-ray (Blu-Ray Disc) adalah sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video definisi tinggi. Nama Blu- ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis cakram jenis ini. Cakram Blu-ray dapat menyimpan data yang lebih banyak dari format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm dimana lebih pendek dibandingkan laser merah, 650 nm yang dipakai DVD dan CD. Format saingan Blu-ray yaitu HD DVD juga menggunakan laser jenis yang sama. Cakram Blu-ray dapat menyimpan 25 GB pada setiap lapisannya dibandingkan dengan 4,7 GB pada DVD. Beberapa pabrik bahkan telah membuat cakram Blu-ray satu lapis dan dua lapis (50 GB) yang dapat ditulis ulang. Beberapa studio film yang mendukung format Blu-ray bahkan telah merilis atau mengumumkan akan merilis film pada cakram berkapasitas 50 GB.blue ray lebih pendek dari panjang gelombang laser memungkinkan untuk menyimpan lebih banyak informasi pada 12 cm CD / DVD ukuran disk. Minimum "spot size" di mana sebuah laser dapat terfokus dibatasi oleh difraksi, dan bergantung pada panjang gelombang dari cahaya dan kecepatan rana numerik dari lensa yang digunakan untuk fokus itu. Dengan penurunan panjang gelombang, meningkatkan kecepatan rana numerik 0,60-0,85 dan membuat penutup lapisan tipis agar terhindar dari efek optik yang tidak diinginkan, laser dapat difokuskan ke tempat yang lebih kecil. Hal ini memungkinkan lebih banyak informasi yang akan disimpan di daerah yang sama.
  42. 42. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 42 Gbr. Cakram Blu-Ray
  43. 43. Struktur dan Organisasi Komputer-Memori Eksternal 43 KESIMPULAN Memory Eksternal menyimpan data dalam media fisik berbentuk kaset atau disk. agar tetap mengaliri transistor sehingga tetap dapat menyimpan data. Merupakan media penyimpanan data yang bersifat Non Volatile (tahan lama) dimana apabila komputer dimatikan, data-data yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang. Perkembangan dunia Memori Eksternal sangat signifikan terlihat dari awal penemuan memory eksternal yang sangat besar dengan kapasitas memori yang masih amat terbatas, tetapi sekarang memori eksternal memiliki ukuran yang relatif kecil dan kapasitas yang sangat besar. Kebutuhan user akan memori eksternal adalah yang membuat perkembangan memori eksternal menjadi sangat berkembang.
7.Ram
Fungsi RAM yang paling utama adalah untuk membantu menyimpan memory sementara. RAM yang dalam bahasa Indonesia juga sering dikenal dengan istilah penyimpanan memori acak, akan menyimpan sementara memory dari suatu aplikasi ataupun progam.

Sejarah:

RAM memiliki kemampuan untuk menampung atau menyimpan pengelolaan data ementara. Sekalipun Anda memiliki PC dengan prosessor kecepatan tinggi namunjika memori RAMnya kecil, hal ini tentu kurang baik untuk bekerja. Semakin besar kecepatan prosessor harus diimbangi oleh semakin besarnya memori atau RAM yang dimiliki PC tersebut.

Jika kita berbicara soal RAM, kita juga harus mengetahui beberapa hal yang sering berhubungan dengan memori. Speed atau kecepatan merupakan hal penting dalam RAM. Semakin cepat CPU maka semakin besar kemampuan RAM untuk mendukung CPU tersebut. Kecepatan RAM dinyatakan dengan hitungan Megahertz (MHz).

Random Access Memory pertama kali ditemukan oleh Robert Dennard, setelah itu Intel memproduksi RAM untuk pertama kalinya pada tahun 1968. RAM lebih awal diproduksi bahkan jauh sebelum penemuan PC pada tahun 1981. Setelah komputer diciptakan, perkembangan RAM dimulai. Dibutuhkan tegangan sebesar 5.0 volt pada saat RAM mulai diproduksi sehingga RAM bisa bekerja dengan frekuensi sebesar 4.77 Mhz.

Jika kita berbicara soal RAM, kita juga harus mengetahui beberapa hal yang sering berhubungan dengan memori. Speed atau kecepatan merupakan hal penting dalam RAM. Semakin cepat CPU maka semakin besar kemampuan RAM untuk mendukung CPU tersebut. Kecepatan RAM dinyatakan dengan hitungan Megahertz (MHz).

Random Access Memory pertama kali ditemukan oleh Robert Dennard, setelah itu Intel memproduksi RAM untuk pertama kalinya pada tahun 1968. RAM lebih awal diproduksi bahkan jauh sebelum penemuan PC pada tahun 1981. Setelah komputer diciptakan, perkembangan RAM dimulai. Dibutuhkan tegangan sebesar 5.0 volt pada saat RAM mulai diproduksi sehingga RAM bisa bekerja dengan frekuensi sebesar 4.77 Mhz.
8.Rom

Fungsi:ROM adalah singkatan dari ' Read Only Memory ' yaitu suatu perangkat keras pada komputer atau PC yang berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya bisa dibaca saja. ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM (Random Access Memory), walaupun keduanya mempunyai kesamaan yaitu dapat diakses secara acak atau random.

Sejarah:

Perkembangan micro computer, atau yang lebih sering disebut dengan PC (Personal Computer) yang sedemikian pesat tentunya tidak lepas dari kebutuhan manusia akan informasi yang harus diolah oleh PC serta tentu saja perkembangan teknologi, khususnya teknologi perangkat keras, perangkat lunak, serta fungsi atau algoritma yang digunakan dalam memproses informasi yang diolah tersebut.

Masih terbekas dalam ingatan kita akan perayaan 20 tahun PC yang jatuh pada bulan Agustus 2001 yang lalu, yang apabila kita cermati saat ini kita berada pada masa dimana PC telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Jika pada awal ditemukannya, PC masih dianggap sebagai barang mahal, kini hampir semua orang sudah memilikinya. Bisa dikatakan, orang yang tidak mengenal komputer akan dicap sebagai orang yang gagap teknologi.

Jika pada saat itu PC yang diotaki oleh prosessor Intel 8088 hanya mampu berjalan dengan kecepatan 4,77 MHz yang digunakan untuk menggerakkan program pengolah kata dalam pembuatan dan editing dokumen, spreadsheet sederhana untuk mengerjakan pekerjaan akuntansi maupun bisnis, dan program database sederhana serta sedikit program pendidikan dan game yang juga masih sangat sederhana. Kini PC yang diotaki Intel Pentium4 mampu berlari dengan kecepatan 2GHz, bahkan baru – baru ini Intel Corp melalui ajang Intel Developer Forum-nya, telah menunjukkan demo prosessor Intel berkecepatan 3,5GHz! Suatu lompatan penemuan teknologi yang cukup fantastis.

Namun perkembangan kemampuan PC tidak selalu ditentukan oleh perkembangan prosessor semata. Masih faktor lainnya, seperti teknologi chipset, memori, kartu VGA, perangkat media simpan, dan sebagainya. Semua perangkat saling berkembang, berevolusi ke arah yang lebih baik untuk bersama – sama membangun sistem PC yang tangguh.

Untuk itulah, melalui makalah ini, penulis mencoba memberikan sedikit informasi mengenai evolusi perangkat memori pada PC. Namun sebelum melangkah pada pokok permasalahan, perlu ditegaskan terlebih dahulu ruang lingkup pembahasan makalah ini. Evolusi memori yang penulis bahas pada makalah ini hanya meliputi memori utama (main memory) jenis RAM (Random Access Memory) yang digunakan pada komputer mikro (PC).

Perkembangan kemampuan prosessor yang pesat tentunya harus diimbangi dengan peningkatan kemampuan memori. Sebagai penampung data / informasi yang dibutuhkan oleh prosessor sekaligus sebagai penampung hasil dari perhitungan yang dilakukan oleh prosessor, kemampuan memori dalam mengelola data tersebut sangatlah penting. Percuma saja sebuah sistem PC dengan prosessor berkecepatan tinggi apabila tidak diimbangi dengan kemampuan memori yang sepadan.

Ketidak tepatan perpaduan kemampuan prosessor dengan memori dapat menyebabkan inefisiensi bagi keduanya. Katakanlah kita memiliki prosessor yang mampu mengolah arus data sebanyak 100 instruksi per detiknya, sementara kita memiliki memori dengan kemampuan menyalurkan data ke prosessor sebesar 50 instruksi per detiknya. Lalu apa yang terjadi? Sistem akan mengalami bottleneck. Prosessor harus menunggu data dari memori. Instruksi yang seharusnya dapat dikerjakan dalam waktu 1 detik menjadi 2 detik karena kemampuan memori yang terbatas.

Apa Arti Istilah-istilah pada RAM?
Begitu banyak nama dan istilah spesifik digunakan pada RAM. Kadang dapat membingungkan. Tapi tidak jadi masalah, setelah Anda membaca penjelasan singkatnya berikut. Ini dapat dijadikan panduan, setidaknya untuk membaca spesifikasi dan memperhitungkan dengan kemampuan produk yang bersangkutan.

Speed
Speed atau kecepatan, makin menjadi faktor penting dalam pemilihan sebuah modul memory. Bertambah cepatnya CPU, ditambah dengan pengembangan digunakannya dual-core, membuat RAM harus memiliki kemampuan yang lebih cepat untuk dapat melayani CPU.

Ada beberapa paramater penting yang akan berpengaruh dengan kecepatan sebuah memory.

Megahertz
Penggunaan istilah ini, dimulai pada jaman kejayaan SDRAM. Kecepatan memory, mulai dinyatakan dalam megahertz (MHz). Dan masih tetap digunakan, bahkan sampai pada DDR2.

Perhitungan berdasarkan selang waktu (periode) yang dibutuhkan antara setiap clock cycle. Biasanya dalam orde waktu nanosecond. Seperti contoh pada memory dengan aktual clock speed 133 MHz, akan membutuhkan access time 8ns untuk 1 clock cycle.

Kemudian keberadaan SDRAM tergeser dengan DDR (Double Data Rate). Dengan pengembangan utama pada kemampuan mengirimkan data dua kali lebih banyak. DDR mengirimkan data dua kali dalam satu clock cycle.

Kebanyakan produk mulai menggunakan clock speed efektif, hasil perkalian dua kali data yang dikirim. Ini sebetulnya lebih tepat jika disebut sebagai DDR Rating.

Hal yang sama juga terjadi untuk DDR2. Merupakan hasil pengembangan dari DDR. Dengan kelebihan utama pada rendahnya tegangan catudaya yang mengurangi panas saat beroperasi. Juga kapasitas memory chip DDR2 yang meningkat drastis, memungkinkan sebuah keping DDR2 memiliki kapasitas hingga 2 GB. DDR2 juga mengalami peningkatan kecepatan dibanding DDR.

PC Rating
Pada modul DDR, sering ditemukan istilah misalnya PC3200. Untuk modul DDR2, PC2-3200. Dari mana angka ini muncul?

Biasa dikenal dengan PC Rating untuk modul DDR dan DDR2. Sebagai contoh kali ini adalah sebuah modul DDR dengan clock speed 200 MHz. Atau untuk DDR Rating disebut DDR400. Dengan bus width 64-bit, maka data yang mampu ditransfer adalah 25.600 megabit per second (=400 MHz x 64-bit). Dengan 1 byte = 8-bit, maka dibulatkan menjadi 3.200MBps (Mebabyte per second).  Angka throughput inilah yang dijadikan nilai dari PC Rating. Tambahan angka “2”, baik pada PC Rating maupu DDR Rating, hanya untuk membedakan antara DDR dan DDR2.

CAS Latency
Akronim CAS berasal dari singkatan column addres strobe atau column address select. Arti keduanya sama, yaitu lokasi spesifik dari sebuah data array pada modul DRAM.

CAS Latency, atau juga sering disingkat dengan CL, adalah jumlah waktu yang dibutuhkan (dalam satuan clock cycle) selama delay waktu antara data request dikirimkan ke memory controller untuk proses read, sampai memory modul berhasil mengeluarkan data output. Semakin rendah spesifikasi CL yang dimiliki sebuah modul RAM, dengan clock speed yang sama, akan menghasilkan akses memory yang lebih cepat.

MENGENAL BAGIAN-BAGIAN RAM
Secara fisik, komponen PC yang satu ini termasuk komponen dengan ukuran yang kecil dan sederhana. Dibandingkan dengan komponen PC lainnya.

Sekilas, ia hanya berupa sebuah potongan kecil PCB, dengan beberapa tambahan komponen hitam. Dengan tambahan titik-titik contact point, untuk memory berinteraksi dengan motherboard. Inilah di antaranya.

PCB (Printed Circuit Board)
Pada umumnya, papan PCB berwana hijau. Pada PCB inilah beberapa komponen chip memory terpasang.

PCB ini sendiri tersusun dari beberapa lapisan (layer). Pada setiap lapisan terpasang jalur ataupun sirkuit, untuk mengalirkan listrik dan data. Secara teori, semakin banyak jumlah layer yang digunakan pada PCB memory, akan semakin luas penampang yang tersedia dalam merancang jalur. Ini memungkinkan jarak antar jalur dan lebar jalur dapat diatur dengan lebih leluasa, dan menghindari noise interferensi antarjalur pada PCB. Dan secara keseluruhan akan membuat modul memory tersebut lebih stabil dan cepat kinerjanya. Itulah sebabnya pada beberapa iklan untuk produk memory, menekankan jumlah layer pada PCB yang digunakan modul memory produk yang bersangkutan.

Contact Point
Sering juga disebut contact finger, edge connector, atau lead. Saat modul memory dimasukkan ke dalam slot memory pada motherboard, bagian inilah yang menghubungkan informasi antara motherboard dari dan ke modul memory. Konektor ini biasa terbuat dari tembaga ataupun emas. Emas memiliki nilai konduktivitas yang lebih baik. Namun konsekuensinya, dengan harga yang lebih mahal. Sebaiknya pilihan modul memory disesuaikan dengan bahan konektor yang digunakan pada slot memory motherboard. Dua logam yang berbeda, ditambah dengan aliran listrik saat PC bekerja lebih memungkinkan terjadinya reaksi korosif.

Pada contact point, yang terdiri dari ratusan titik, dipisahkan dengan lekukan khusus. Biasa disebut sebagai notch. Fungsi utamanya, untuk mencegah kesalahan pemasangan jenis modul memory pada slot DIMM yang tersedia di motherboard. Sebagai contoh, modul DDR memiliki notch berjarak 73 mm dari salah satu ujung PCB (bagian depan). Sedangkan DDR2 memiliki notch pada jarak 71 mm dari ujung PCB. Untuk SDRAM, lebih gampang dibedakan, dengan adanya 2 notch pada contact point-nya.

DRAM (Dynamic Random Access Memory)
Komponen-komponen berbentuk kotak-kotak hitam yang terpasang pada PCB modul memory inilah yang disebut DRAM. Disebut dynamic, karena hanya menampung data dalam periode waktu yang singkat dan harus di-refresh secara periodik. Sedangkan jenis dan bentuk dari DRAM atau memory chip ini sendiri cukup beragam.

Chip Packaging
Atau dalam bahasa Indonesia adalah kemasan chip. Merupakan lapisan luar pembentuk fisik dari masing-masing memory chip. Paling sering digunakan, khususnya pada modul memory DDR adalah TSOP (Thin Small Outline Package). Pada RDRAM dan DDR2 menggunakan CSP (Chip Scale Package). Beberapa chip untuk modul memory terdahulu menggunakan DIP (Dual In-Line Package) dan SOJ (Small Outline J-lead).

DIP (Dual In-Line Package)
Chip memory jenis ini digunakan saat memory terinstal langsung pada PCB motherboard. DIP termasuk dalam kategori komponen through-hole, yang dapat terpasang pada PCB melalui lubang-lubang yang tersedia untuk kaki/pinnya. Jenis chip DRAM ini dapat terpasang dengan disolder ataupun dengan socket. SOJ (Small Outline J-Lead) Chip DRAM jenis SOJ, disebut demikan karena bentuk pin yang dimilikinya berbentuk seperti huruh “J”. SOJ termasuk dalam komponen surfacemount, artinya komponen ini dipasang pada sisi pemukaan pada PCB.

TSOP (Thin Small Outline Package)
Termasuk dalam komponen surfacemount. Namanya sesuai dengan bentuk dan ukuran fisiknya yang lebih tipis dan kecil dibanding bentuk SOJ.

CSP (Chip Scale Package)

Jika pada DIP, SOJ dan TSOP menggunakan kaki/pin untuk menghubungkannya dengan board, CSP tidak lagi menggunakan PIN. Koneksinya menggunakan BGA (Ball Grid Array) yang terdapat pada bagian bawah komponen. Komponen chip DRAM ini mulai digunakan pada RDRAM (Rambus DRAM) dan DDR.

9.Flashdisk

Fungsi:Flashdisk untuk menyimpan dan memindahkan data Anda mungkin yang paling umum digunakan untuk USB flash drive. Tapi sebenarnya ada manfaat flash disk lain yang dapat Anda lakukan dengan drive ini yang sangat berguna.

Sejarah:


PenemuanFlash Memory (NOR dan NAND) oleh Dr Fujio Masuoka tahun 1984ketika sedang bekerja pada Toshiba sedangkan nama flash sendiri diberikan oleh koleganya yaitu Mr. Shoji Ariizumi. Type flash chip type NOR yang diperdagangkan dikenalkan oleh intel pada tahun 1988. NOR flash adalah flash dasar yang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghapus dan menulis, tetapi menyediakan alamat penuh dan jalur data,memberikan akses secara acak terhadap semua lokasi memori. Tetapi sangat bagus untuk menggantikan ROM model lama, di mana memungkinkan untuk mengupdate kode program yang tersimpan. Contoh adalah BIOS NAND flash di announced oleh Toshiba pada tahun 1989, dimana bisa melakukan proses penghapusan dan penulisan yang lebih cepat, membutuhkan tempat yang kecil untuk chipper selnya. Dengan bertambahnya kapasitas tetapi biaya bisa ditekan menyebabkan flash tipe ini cocok digunakan untuk secondary storage. Belum dapat dipastikan siapa yang mengembangkannya pertama kali karena ada tiga perusahaan yang memperselisihkan yaitu M-Systems, Netac, dan Trek 2000 Flash drive mulai dipasarkan pada tahun 2001 di Amerika oleh IBM. Ukuran data yang dapat disimpan pada waktu itu adalah 8 MB, data terakhir November 2006 sudah mencapai 64 GB.Tidak hanya ukurannya saja yang berkembang, tetapi bentuk dan fungsinya juga mengalami perubahan. Ada flash drive yang memakai rotary design sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan penutupnya. Tersedia juga flash drive yang dilapisi karet supaya tahan air atau dilengkapi dengan clip carabineer sehingga mudah digantungkan. Bahkan telah dibuat flash drive berbentuk model kartu kredit. Namanya wallet-friendly USB. Ukurannya hanya 86 x 54 x 1,9 mm. Jadi,dapat disimpan dengan aman di dalam dompet.Untuk masalah kemanan yang dimiliki flash drive saat ini sebatas melindungi datayang ada supaya tidak terakses oleh orang yang bukan pemiliknya. Cara kerja yang dipakai saat ini antara lain menggunakan full disk encryption atau physic calauthentication tokens. Sistem terbaru yang diperkenalkan tengah tahun 2005 lalu adalah biometric fingerprinting. Akan tetapi, metode sekuritas ini sangat mahal karena menggunakan teknologi tinggi. Pada kenyataannya pemanfaatan flash drive telah berkembang untuk berbagai hal. Contohnya di sebuah artikel diuraikan langkah-langkah mensetting flash drive untuk mem-boot Windows XP. Syarat utamanya memang mother board dan BIOS dari komputer kita dapat mendukung manajemen booting dari flash drive. Beberapa aplikasi juga dapat dijalankan dari flash drive tanpa harus menginstall nya terlebih dahulu ke komputer

 Perkembangan
Perkembangan flash disk sangat pesat. Flash disk saat pertama kali dipasarkan pada tahun 2000 hanya berkapasitas 8 MB. Sekarang, tahun 2011, hanya berselang 11 tahun, kapasitas flash disk terbesar yang dipasarkan adalah 256 GB, 32000 kali lipatnya. Perkembangan secepat ini disebabkan peneliti sudah menemukan teknologi yang semakin canggih. Material yang tersedia pun semakin lama semakin canggih, terutama setelah ditemukan dan berhasil dimanfaatkannya logam semikonduktor. Tidak hanya disknya, port USB-nya pun terus berkembang. USB port yang pertama dikenalkan pada tahun 1996, USB 1.0, memiliki kecepatan transfer data maksimum 12Mbit/s. Sedangkan USB 2.0,  yang dikeluarkan pada tahun 2000, memiliki kecepatan transfer data 480 Mbit/s. 40 kali lipat dari USB 1.o. Kemudian tahun 2010 dipasarkan USB 3.0 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 5Gbit/s, 10 kali lipat dari USB 2.0.
Menurut sejarah perkembangan flashdisk ada empat entitas flashdisk atau flash drive USB, yakni Dov Moran dari M-Systems, Pua Khein Seng Phison Elektronik, Trek Teknologi dan Teknologi Netac. Dari keempat entitas tersebut , flashdisk terus di modifikasi baik dari bentuk maupun fungsinya hingga akhirnya flashdisk di komersilkan ke masyarakat umum.
Produk komersial flashdisk yang pertama dipasarkan oleh Trek Teknologi dan IBM pada tahun 2000. Trek Teknologi memasarkan flashdisk dengan nama Thumbdrive sedangkan IBM memasarkan flashdisk di amerika utara bernama DiskOnKey. Alat  Penyimpanan data tersebut memiliki kapasitas 8 Mb. Dengan kata lain, lima kali lebih besar dari pada kapasitas penyimpanan disket pada waktu itu.
Dalam perkembangan selanjutnya, flashdisk menggunakan standar pentransfer data (bus) serial mampu mentransfer data dengan frekuensi clock 480 Mb perdetik. Generasi berikutnya mampu mentransfer data dengan kecepatan yang bervariasi,  semisal “180X” atau 180 x 150 KIB/s. Bahkan beberapa flashdisk mempu mentransfer hingga 5 gb per detik sejak mengadopsi USB 3.0. Namun, sebagian besar flashdisk yang ada di pasaran belum memanfaatkan USB 3.0 karena keterbatasan controller.
Komponen atau fitur yang ada pada flashdisk :
  1. Sambungan USB
  2. Perangkat pengontrol penyimpanan massal USB
  3. Titik-titik percobaan
  4. Chip flash memory
  5. Oscillator kristal
  6. LED
  7. Write-protect switch
  8. Ruang kosong untuk chip flash memory kedua
 Kelebihan dan Kelemahan Flashdisk
Kelebihan Flashdisk:
  1. Sangat Praktis USB flash drive sangat praktis (portabel). Dibandingkan dengan disket, zip drive dan CD , USB drive jauh lebih mudah dalam hal portabilitas. Bisa digantung di leher, bahkan dimasukkan ke dalam saku. Dan flashdisk mudah dibawa karena bentuknya yang mungil. Dengan kapasitas besarnya, barapapun data yang tersimpan, cukup disimpan.
  2. Mudah Terhubung ke Komputer, karena port USB berkonsep universal, membuat drive kecil ini memudahkan sobat untuk mentransfer dokumen atau file dari satu komputer ke komputer lainnya. Jika sobat memiliki file yang berhubungan dengan pekerjaan atau studi, sobat dapat menyimpan file tersebut ke USB dan memindahkannya ke komputer kantor atau komputer manapun.Tidak peduli apa jenis komputer yang sobat gunakan, asalkan komputer tersebut memiliki port USB, maka sobat dapat mengakses file sobat pada komputertersebut
  3. Baik untuk Back Up data, USB drive memiliki kemampuan luar biasa untuk penyimpanan data karena kapasitas penyimpanan data hingga beberapa gigabyte. Dengan kemampuan memory yang besar membuat USB menjadi pilihan yang cocok untuk membuat cadangan file-file penting, foto atau file berharga lainnya.
  4. Kapasitas Memori Lebih Besar. Sebagai perbandingan flash drive memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dari CD.? CD mampu menahan 700 MB sedangkan flash drive sekalipun ukurannya yang kecil, namun kapasitas nya lebih besar (hingga gigabyte) untuk menampung sejumlah besar data dan setiap tahun kapasitas ini semakin meningkat. Kemampuan memory yang besar ini membuat USB adalah pilihan yang tepat untuk memindahkan, mentransfer, cadangan atau mengakses beberapa file.
  5. Menggunakan Kekuatan Komputer. Tidak seperti portable hard drive, USB tidak memerlukan sumber daya terpisah. USB dapat beroperasi dengan daya yang dihasilkan oleh komputer.
  6. Lebih Tahan lama, Jika tools penyimpanan sebelumnya rentan pecah, tergores, kena debu atau dasarnya ‘memar’ akibar peka terhadap eksposur luar. USB flash drive jauh lebih tahan lama dan tidak ada kekhawatiran tentang goresan atau jatuh ke tanah, dan dapat menahan paparan jauh lebih dari perangkat sebelumnya
  7. Mudah beradaptasi dengan berbagai operation system computer, dengan konsep plug and play, flashdisk bisa langsung digunakan tanpa perlu menginstal driver flashdisk tersebut pada sebuah computer.
  8. Keamanan data lebih terjaga dari pada menggunakan disket karena pada penyimpana disket, selain ancaman virus, pada kondisi ruangan yang lembab mudah terkena serangan jamur yang
Kekurangan Flashdisk :
  1. Karena bentuk yang kecil, hingga rawan hilang
  2. Removable storage, hingga data rawan rusak
  3. Umur penyimpanan data yang singkat, flashdisk juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada flashdisk rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori flash yang digunakan tidak bertahan lama.
Future fitur flashdisk

Teknologi akan selalu berkembang, dari disket menjadi flashdisk, dan flashdisk akan menjadi dataSTICKIES. Bagi kalian yang masih setia dengan USB Flashdisk, bersiaplah untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Era USB Flashdisk. Di Masa depan kita akan dapat menyimpan dan melakukan pertukaran data menggunakan media yang jauh lebih tipis dan lebih fleksibel, dari pada USB Flashdisk. Tidak hanya itu, kalian akan melakukan pertukaran dan mengirim data, seperti menempelkan memo / note pada komputer anda.

10.Modem

Fungsi:Berbagai kata dan penjelasan sederhana dapat memberi makna mengenai fungsi modem, Jadi kesimpulannya fungsi modem merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju.

Sejarah:
Modem yang merupakan singkatan kata dari Modulator dan Demodulator ini berawal dari kebutuhan kemiliteran, modem ini diciptakan pada tahun 1950. Modem tersebut diproduksi oleh perusahaan komputer yang cukup terkenal yaitu IBM. Fungsi modem pada saat ialah sebagai alat komunikasi dan bagian dari sistem pertahanan udara.
Tujuan dibuatnya modem itu yaitu sebagai alat penghubung pangkalan udara dengan pusat-pusat kontrol udara. Cara kerja modem pada saat mentransfer data pada saat itu ialah data ditransferkan melalui jaringan telepon dengan menggunakan gelombang analog maka modem itu mengubah gelombang tersebut, proses ini bolak balik sampai data selesai ditransfer.

Penemu Modem PC

Modem untuk personal computer atau komputer pribadi pertama kali diciptakan oleh Dennis C. Hayes (lahir pada tahun 1950) dan Dale Heatherington (lahir pada tahun 1948) pada tahun 1977. Mereka membangun teknologi yang sangat penting memungkinkan industri online sampai saat ini muncul dan berkembang.
Dale Heatherington
Dennis C. Hayes













Pada awalnya di pertengahan tahun 1970 Dennis C. Hayes meninggalkan Georgia Inistitute of Technology, dikarenakan dia bekerja di perusahaan National Data Corporation di Atlanta. Perusahaan ini bergerak dibidang transfer uang elektronik dan otoritas kartu kredit. Tugasnya saat bekerja itu untuk mengatur koneksi modem untuk pelanggan NDC. Kemudian dia bertemu Dale Heatherington di National Data Corporation. Bersama-sama mereka mengembangkan dan memasarkan produk pertamanya yang berkualitas tinggi untuk penggemar komputer pada bulan April 1977 yaitu modem board untuk bus s-100 PC modem.

smartmodem
Kemudian Hayes mendirikan sebuah perusahaan di rumahnya dengan na D.C. Hayes Associates, Inc. Pada awalnya dia berinvestasi lima ribu dollar AS. Perusahaan tersebut sangat populer di dunia IT. Pada Januari 1978 perusahaan tersebut mengganti nama menjadi Hayes Corp. Produk  mereka selanjutnya yaitu SmartModem, produk ini sangat populer membawa perusahaannya berkembang dengan pesat.

Sementara Dale Heatherington meninggalkan perusahaan dikarenakan pensiun, Dennis C. Hayes menjalankan perusahaannya sendiri sampai mengajukan kebangkrutan pada tahun 1998 ketika teknologi memasuki banyaknya produk-produk pesaing.


Dennis C. Hayes dijadikan tokoh dunia sebagai penemu modem PC, karena temuannya itu membuat kemudahan bagi para pengakses internet. Dengannya dunia internet selalu tetap online dan industri teknologi berkembang dengan pesat.



SEKIAN PENJELASAN DARI SAYA TENTANG PENJELASAN TENTANG PERANGKAT MASUKAN,PARANGKAT PEMORSES,DAN PERANGKAT OUTPUT.

                           = v = TERIMAKASIH >_<

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendiagnosa Kerusakan Pada Komputer

Struktur Perulangan

Komunikasi dalam Jaringan Daring Beserta Jenisnya